Sidebar

Pentingnya Menerapkan Strategi Bisnis yang Matang pada Bisnis Travel

Strategi menjadi hal dasar yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis tour travel. Tanpa strategi sebuah bisnis seperti kapal yang terombang-ambing di lautan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Tim Phinemo

Membangun sebuah bisnis tour travel memang bukanlah perkara mudah, buktinya banyak bisnis tour travel yang hancur saat seumur jagung. Dibutuhkan strategi yang matang agar sebuah bisnis tersebut dapat terus bertahan dan mampu melewati masa-masa krisis. Strategi menjadi hal dasar yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis tour travel. Tanpa adanya strategi sebuah bisnis akan seperti kapal yang terombang-ambing di tengah lautan.

Strategi dalam bisnis didefinisikan sebagai suatu perencanaan berupa konsep untuk mecapai tujuan jangka panjang. Strategi adalah kunci keberhasilan untuk mencapai keunggulan dan keuntungan dalam bisnis. Merencanakan sebuah strategi bisnis perlu memikirkan berbagai aspek agar tidak membawa bisnis dalam kegagalan. Tak jarang, pelaku bisnis menggunakan jasa konsultan dengan harga mahal untuk merencanakan sebuah strategi yang matang.

Strategi bisnis bagaikan sebuah konsep tertulis yang berisi rincian dan gambaran perencanaan keuangan, pengelolaan, pengembangan, target pencapaian hingga target pemasaran. Berikut adalah beberpa tips yang bisa diterapkan dalam pembuatan strategi bisnis.

  1. Miliki deskripsi usaha yang jelas meliputi visi, misi, dan rencana strategis bisnis.
  2. Lakukan analisa pesaing usaha.
  3. Strategi pemasaran tepat sasaran.
  4. Miliki laporan keuangan.
  5. Menjaga kualitas produk paket wisata.
  6. Jangan mengecewakan customer.

Strategi sangat penting bagi bisnis tour travel agar dapat mempertahankan kelangsungan hidup dan persaingan pasar bebas. Para ekonom dunia berpendapat bahwa penerapan strategi bisnis penting untuk menentukan arah dan tujuan bisnis di masa yang akan datang sekaligus mengurangi resiko-resiko yang mungkin terjadi.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

4 Kriteria Pariwisata Berkelanjutan yang Harus Diterapkan Tour Operator

3 Pembelajaran dari Kegagalan First Travel dalam Mengelola Bisnis Tour Travel

5 Tren Produk Wisata yang Diprediksi Naik Berdasarkan Data Pencarian Google 2019

3 Target Pasar Potensial Open Trip, Tour Agent Harus Tahu!

Maksimalkan Link Bio Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

6 Jenis Wistawan yang Harus Diketahui oleh Tour Operator

FALLBACK
The END