Sejarah Vatikan, Dari Kota Tak Berpenghuni Hingga Menjadi Pusat Gereja Katholik Roma

Vatikan, negara terkecil di dunia yang menjadi tempat suci Agama Katholik (Flickr/Matthias Kliene Photography)

Vatikan merupakan sebuah negara terkecil di dunia yang berbentuk eklesiastik yang diperintah oleh uskup Roma yaitu Paus. Pada awalnya vatikan adalah wilayah tak berpenghuni yang dianggap suci bahkan sebelum kedatangan Agama Kristen. Pada tahun 326 gereja pertama di bangun diatas makam Santo Petrus dan sejak saat itu vatikan mulai dihuni oleh banyak orang.

Dalam peran sekulernya para Paud memperluas pengaruhnya hingga mampu menguasai semenanjung Italia. Pada abad ke-18 saat seluruh Italia disatukan oleh Kerajaan Italia, wilayah kekuasaan Paus kemudian disita dan dimasukkan dalam bagian Kerajaan Italia. Saat Roma dianeksasi tahun 1870 wilayah kekuasaan Paus dikurangi hingga memicue persetruan antara gereja dengan Kerajaan Italia.

Tanggal 11 Februari 1929 perjanjian Lateran (Corcondat) ditandatangai oleh Kardinal Gaspari mewakili Pius XI dan Bennito Mussolini mewakili Raja Victor Emmanuel III yang berisi tentang tiga poin utama yaitu (1) diakuinya Negara Vatikan yang berdaulan dan merdeka di bawah pemerintahan Tahta Suci; (2) status istimewa Agama Katholik di Italia; dan (3) ganti rugi terhadap Vatikan atas kerugian saat Kerajaan Italia berdiri. Perjanjian ini terus berlaku walaupun saat Perang Dunia Ke-II sistem pemerintahan di Italia berubah menjadi Republik. Tahun 1984, isi perjanjian kemudian disesuaikan lagi.

Sistem kewarganegaraan Vatikan tidak diatur berdasarkan tempat kelahiran atau asal orangtua, melainkan dari pekerjaan. Jika seorang mendapatkan pekerjaan di Vatikan maka secara otomatis dia dianggap sebagai warganegara Vatikan. Namun ketika dia berhenti atau dipecat dari pekerjaannya, status kewarganegaraannya juga akan hilang. Walaupun secara resmi Vatikan adalah sebuah negara, namun tidak ada warganya yang lahir disini. Semua warganegara vatikan adalah pendatang dari berbagai penjuru dunia.

Hal yang unik dari Vatikan yaitu ditetapkannya keseluruhan negara ini sebagai situs warisan dunia UNESCO. Mulai dari jalanan, tiang lampu, gereja, hingga kompleks pemukiman semuanya adalah situs warisan yang dilindungi oleh UNESCO. Vatikan menjadi negara yang menyimpan karya seni dari seniman legendaris dunia seperti Bernini dan Michaelangelo. Basilika Santo Petrus memiliki kubah dengan lukisan terindah karya seorang legenda Michaelangelo.

Dari sekian banyak keunikan Vatikan, hingga kini negara kecil ini masih menyimpan begitu banyak misteri yang masih tidak banyak diketahui. Perpustakaan Vatikan yang menyimpan dokumen sejak rentang tahun 1.000 tahun lalu sangat dijaga ketat kerahasiaannya. Hanya para peneliti dan sarjana terpercaya saja yang diijinkan mengakses dokumen di dalam perpustakaan ini.

Bagi anda yang berkeinginan melakukan kunjungan religi ke Vatikan perlu kewaspadaan ekstra. Hal ini dikarenakan Vatikan tercatat sebagai negara dengan angka kriminalitas tertinggi di dunia. Bahkan ada yang menyebut Vatikan sebagai surga bagi para pelaku kriminal.

Dapatkan ulasan menarik tentang vatikan dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar