Sidebar

3 Tempat Paling Aman di Dunia untuk Kabur dari Pandemi Covid-19

Benua ANtartika adalah tempat paling aman di dunia dari Covid-19. Namun demikian,ternyata Antartika juga memberlakukan lockdown sejak Maret lalu.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Pandemi virus corona (Covid-19) yang mewabah sejak akhir 2019 lalu telah menjelma menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar masyarakat. Penyebaran yang cepat membuat ketakutan tersendiri untuk bepergian, bahkan hanya keluar rumah sekalipun. Hampir seluruh negara di dunia terjangkit wabah Covid-19, tak terkecuali Indonesia.

Banyak yang belum tahu, ternyata terdapat beberapa tempat di dunia yang menjadi tempat paling aman untuk kabur dari pandemi Covid-19. Berikut adalah ulasan diantaranya.

1. Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)

(engadget.com)

Seorang peneliti dari BioServe Space Technologies di University of Colorado Boulder, Luis Zea mengungkapkan bahwa tempat paling aman dari Covid-19 adalah Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Pendapat ini didukung dengan fakta bahwa virus corona hanya dapat bertahan singkat di angkasa. Selain itu, jaraknya yang jauh dari bumi (408 km) dan perlindungan program stabilisasi kesehatan juga menjadi alasan utama.

Protokol Stabilisasi Kesehatan diberlakukan untuk mencegah patogen berbahaya terbawa ke ISS. Sebelum berangkat menuju ISS, para astronot akan menjalani pemeriksaan fisik ekstensif selama 10 hari sebelumnya. Jika terbukti bersih, para astronot tersebut harus melakukan masa isolasi selama dua minggu untuk mengetahui keberadaan penyakit lain yang masih diinkubasi dalam tubuh.

2. Benua Antartika

(express.co.uk)

Saat semua negara dibuat kalang kabut oleh gempuran wabah Covid-19, terdapat satu benua yang dianyatakan aman dan bebas dari virus corona. Benua tersebut adalah Benua Antartika, titik terdingin dan paling terisolir di bumi. Tidak ada manusia yang mendiami benua ini, Antartika hanya dihuni oleh hewan dan beberapa mamalia laut, seperti penguin, beruang, anjing laut, singa laut, dan paus. Manusia yang mendiami Antartika adalah kalangan peneliti yang mengamati fenomena yang terjadi di benua ini.

Namun demikian, dalam menghadapi wabah ini ternyata Antartika juga memberlakukan lockdown sejak Maret lalu. Tidak tanggung-tanggung, Antartika lockdown selama sembilan bulan. Hal ini disampaikan oleh Dr. Jeff Ayton selaku Kepala Petugas Medis di benua itu. Semua ini dilakukan untuk mempertimbangkan kondisi kesehatan dan keselamatan anggota tim peneliti yang bertugas. Sejumlah perjalanan tidak penting dari dan menuju Antartika juga telah dibatalkan hingga masa lockdown selesai.

3. Isle of Budelli

(CNN.com)

Meskipun Italia adalah negara dengan jumlah korban Covid-19 tertinggi di dunia, namun terdapat satu titik yang dianggap paling aman di dunia, Isle of Budelli. Setidaknya itu yang dikatakan oleh seorang kakek bernama Mauro Moradi yang selama 31 tahun terakhir hidup sendiri disana. Isle of Budelli berada di sebuah pulau indah yang dikenal dengan Kepulauan Maddalena, Italia. Italia kini telah terkunci akibat gempuran virus corona. Namun Moradi mengaku tidak ada yang berubah dari tempat ia tinggal, karena ia berada di tempat paling aman.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kiamat Sudah Dekat? Populasi Penduduk Bumi Diprediksi Menurun Tajam

Wisata ke Pulau Komodo Kembali Dibuka, Begini Cara Pendaftarannya

Wisata ke Bali New Normal, Berikut Syarat yang Harus Dipenuhi

Mayat Tidak Dikubur di Desa Trunyan, Bagaimana Ritual Pemakamannya Saat Pandemi?

Tempat Paling Terisolasi di Dunia, Point Nemo atau Pulau Bouvet?

Negara Georgia di Eropa, Paling Aman untuk Liburan Saat Pandemi

FALLBACK
The END