Sambut Sea Games XVIII, Pemkot Palembang Bentuk Komunitas Sadar Wisata

Komunitas yang nantinya bisa membantu para tamu Sea Games XVIII untuk kunjungi destinasi wisata Palembang terbaru ini

Ditulis Oleh Echi

sea games palembang 2018

Suasana kampung Arab Al Munawar. Foto dari sini

Sea Games XVIII masih 7 bulan lagi. Tapi persiapan menyambut pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara sudah mulai terasa gaungnya. Dari aspek pariwisata misalnya, Pemkot Palembang sudah sampaikan akan segera membentuk komunitas sadar wisata. 

Baca juga informasi terbaru tentang toilet bawah tanah Malioboro 

Melansir dari wartaekonomi, komunitas sadar wisata ini nantinya akan melibatkan seluruh kalangan masyarakat. Mulai dari tukang becak, pedagang kaki lima, hingga tukang parkir. Tujuan dibentuknya komunitas sadar wisata ini adalah untuk mempercepat sosialisasi Asian Games XVIII tahun 2018. 

Menurut Kepala Dina Pariwisata Kota Palembang (7/1), Isnaini Madani, seluruh masyarakat akan diberikan pemahaman tentang kedudukan Palembang sebagai tuan rumah event besar seperti Asian Games yang sudah selayaknya menyambut para tamu dengan baik. Masyarakat akan diberikan arahan bagaimana menyalami tamu-tamu negara yang berada di Palembang. 

Yang tak kalah pentingnya, Pemkot juga akan berikan sosialisasi mengenai tempat-tempat wisata menarik yang ada di Palembang. Dengan demikian, saat para tamu Sea Games XVIII berdatangan ingin kunjungi destinasi wisata, masyarakat setempat bisa menjadi “lokal guide” yang bisa menunjukkan arah dan memberikan rekomendasi destinasi wisata baru seperti Kampung Arab Al Munawar. 

Sedikit cerita tentang Kampung Arab Al Munawar, kampung arab ini merupakan kampung tua di tepian Sungai Musi. Menurut sejarah, Kampung Arab Al Munawar ini dulunya adalah pemukiman pertama masyarakat keturuan Timur Tengah di Palembang. 

kampung arab al munawar

Salah satu lorong di Kampung Arab Al Munawar. Foto dari sini

Sementara itu, momen Asian Games XVIII diharapkan dapat menjadi kesempatan Kota Palembang mempromosikan diri ke dunia internasional. Para tamu negara yang datang ini diharapkan bercerita ke keluarganya dan koleganya mengenai Kota Palembang sehingga pada tahun-tahun mendatang akan kembali lagi.

Pemkot juga telah mengoptimalkan Polisi PP Pariwisata di sejumlah destinasi wisata. Kota Palembang memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam jenis wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang WISATA PALEMBANG, tulisan lain Echi

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post