Makin Mudah, Inilah Cara Refund Tiket Kereta Api Online via Traveloka

ilutrasi kereta api di indonesia (Foto/Sindo)

Refund tiket kereta api kini bisa dengan mudah Anda lakukan. Barangkali bagi sebagian orang memilih untuk tidak mau repot-repot membatalkan tiket kereta api, dan memilih untuk membiarkan tiketnya hangus begitu saja.

Padahal, melakukan pembatalan tiket kereta api tidak repot sama sekali. Tak perlu mengantre dan menghabiskan waktu terlalu lama, serta mengurus administrasi yang cukup rumit. Anda kini cukup melakukan pembatalan tiket secara daring atau online.

Salah satu cara refund tiket kereta atau pembatalan tiket secara daring yang bisa Anda lakukan ialah melalui Traveloka.

Baca Juga: Arab Saudi Resmikan Kereta Cepat yang Hubungkan Mekkah-Madinah

Anda dapat langsung melakukannya via website maupun aplikasi mobile Traveloka. Perlu pula diperhatikan, bahwa cara ini sama sekali tidak dipungut biaya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan permohonan pembatalan tiket kereta api via Traveloka yang bisa Anda terapkan.

1. Login akun Traveloka

refund tiket kereta

langkah awal untuk membatalkan tiket kereta ialah Anda diharuskan login dahulu (Foto/Traveloka)

Bila Anda belum memiliki akun Traveloka.com, maka Anda disarankan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Cukup mudah, Anda cukup mengisi data yang diperlukan dan mengikuti petunjuk yang ada.

Registrasi dilakuka dengan alamat surel atau e-mail yang Anda gunakan ketika melakukan pemesanan. Setelah itu silakan Anda mulai login di www.traveloka.com/login.

2. Masuk menu Pesanan Saya

refund tiket kereta

langkah kedua untuk membatalkan tiket kereta ialah masuk ke menu pesanan saya (Foto/Traveloka)

Setelah melakukan registrasi dan log ini, Anda dapat memilih menu ”Pesanan Saya”. Menu ini bisa Anda lihat di kanan atas situs Traveloka.

Pada menu ini akan muncul halaman yang menampilkan seluruh daftar pesanan Anda. Untuk lebih detail dalam melihat dan mengecek, Anda cukup klik tombol ”Detail” pada pesanan yang ingin Anda refund atau batalkan.

3. Cek detail pesanan Anda yang ingin direfund

refund tiket kereta

langkah ketiga untuk membatalkan tiket kereta ialah mengecek detail pesanan yang akan direfund (Foto/Traveloka)

Setelah melalui tombol Detail, Anda kemudian akan dihadapkan ke halaman ”Detail Pesanan”. Pada hal;aman ini, Anda disarankan untuk mengecek detail pemesanan tiket Anda. Setelah itu, bila data-data telah benar dan sesuai, Anda cukup memilih tombol ”Refund”.

4. Menyetujui syarat dan ketentuan

refund tiket kereta

langkah keempat untuk membatalkan tiket kereta ialah mengecek syarat dan ketentuan yang berlaku (Foto/Traveloka)

Setelah menge-klik tombol Refund, Anda akan masuk ke halaman ”Syarat dan Ketentuan Refund Traveloka”. Setelah setuju, contrenglah kotak di sebelah kalimat “Ya, saya setuju” pada bagian bawah halaman lalu klik tombol ”Langkah Selanjutnya.”

5. Mengisi formulir refund

refund tiket kereta

langkah kelima untuk membatalkan tiket kereta ialah mengisi formulir refund (Foto/Traveloka)

Baca Juga: Mengintip Potret Kereta Cepat di Hongkong yang Habiskan Dana Triliunan

Setelah setuju dengan Syarat dan Ketentuan Refund, Anda akan diarahkan ke halaman Formulir Refund. Silakan pilih penumpang atau tamu yang ingin di-refund, lalu isi seluruh informasi yang diminta.

Informasi ini meliputi Nomor Rekening, Alasan Refund, serta data diri lainnya. Anda juga dapat mengunggah dokumen terkait alasan refund, misalnya surat kuasa, surat keterangan dokter dan lain-lain.

Setelah itu, centang kotak di sisi “Ya, saya setuju” lalu klik tombol ”Submit Refund” untuk menyerahkan pengajuan refund.

6. Cara melihat status permohonan refund

refund tiket kereta

Anda juga bisa mengecek permohonan refund yang telah diajukan (Foto/Traveloka)

Status refund dapat dipantau melalui halaman ”Detail Pesanan Saya,” Proses pembatalan ini kemudian akan diproses selama beberapa waktu, Anda cukup menunggu dan mengecek detail pesanan Anda.

Dapatkan ulasan menarik tentang Tips dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar