7 Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun 2019 Jauh-Jauh Hari

Tips merencanakan liburan akhir tahun 2019 dengan fitur baru Traveloka (worldfinestdestinastion.com).

Sejak libur panjang Hari Raya Idul Fitri pada 3-7 Juni 2019, tidak ada lagi tanggal merah yang jatuh pada hari-hari kerja. Setidaknya sampai libur Hari Natal dan Tahun Baru mulai 25 Desember 2019 mendatang. Kondisi ini tentu saja membuat sebagian besar masyarakat tidak bisa dengan leluasa berlibur untuk sekedar merileksasikan pikiran dari penatnya rutinitas harian. Libur akhir tahun 2019 menjadi sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu karena menjadi satu-satunya kesempatan berlibur di penghujung tahun 2019.

Mengingat bahwa terdapat jutaan masyarakat Indonesia yang menantikan liburan akhir tahun 2019, dipastikan persaingan untuk mendapatkan tiket masuk destinasi wisata, transportasi, dan akomodasi akan sangat tinggi. Masalah kian bertambah rumit ketika jumlah tiket masuk destinasi wisata, transportasi, dan akomodasi yang disediakan pengelola terbatas, sehingga menyebabkan sebagian masyarakat harus rela mengubur dalam-dalam keinginannya untuk berlibur di tahun 2019.

Salah satu kebiasaan buruk generasi milenial saat ini adalah cenderung menyusun rencana liburan secara mendadak, tanpa pemikiran matang. Kebiasaan buruk inilah seringkali yang menjadi penyebab utama gagalnya rencana liburan. Agar rencana liburan tidak gagal maka sangat penting untuk merencanakan liburan jauh-jauh hari dengan membuat itinerary. Itinerary akan membuat perjalanan memiliki tujuan, rencana anggaran, dan daftar kegiatan yang jelas. Lalu, bagaimanakah cara membuat itinerary yang baik dalam perjalanan wisata? Simak tips di bawah ini.

1. Tentukan Destinasi Tujuan

(blog.klm.com)

Menentukan destinasi tujuan merupakan hal pertama yang harus dilakukan untuk menyusun sebuah itinerary yang baik. Terlebih dahulu tentukanlah destinasi, kota, pulau, atau negara yang akan dituju. Selanjutnya buatlah daftar destinasi wisata yang dikunjungi, lengkap dengan rencana durasi kunjungan.

Libur panjang Hari Natal dan Tahun Baru 2019 sangat disarankan untuk memilih destinasi yang belum banyak diketahui seperti Belitung atau Raja Ampat. Puncak Bogor, Yogyakarta, dan destinasi-destinasi wisata yang sudah umum lainnya diprediksi akan sangat ramai dipadati wisatawan pada akhir tahun 2019 ini. Akses menuju lokasi dipastikan akan mengalami kemacetan panjang, akhirnya anda hanya akan liburan di jalanan karena terjebak kemacetan.

2. Cari Informasi Detail Terkait Destinasi Tujuan

(worldrovertpurs.com)

Sangat penting untuk mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan destinasi tujuan dengan membaca travel web atau travel blog seperti Phinemo.com. Tidak cukup satu, semakin banyak informasi akan semakin baik untuk anda.

Dari travel web dan travel blog tersebut, kamu bisa menyaring destinasi mana yang akhirnya kamu pilih. Susunlah daftar tempat yang kamu tuju lengkap dengan bagaimana cara menuju ke sana. Jangan lupa tulis jam buka atau tutupnya.

3. Pilih Akomodasi Sesuai Budget

(businessinsider.com)

Memilih hotel sebagai akomodasi liburan haruslah disesuaikan dengan kondisi keuangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah keuangan setelah liburan. Jangan terlalu memaksakan untuk menginap di hotel mahal jika memang kondisi keuangan anda tidak memungkinkan.

Pertimbangkan berbagai hal seperti lokasi, fasilitas, dan tingkat kenyamanan sebelum akhirnya memilih hotel sebagai akomodasi liburan. Sangat disarankan memilih hotel dengan lokasi yang strategis, misalnya berada dekat dengan bandara atau destinasi wisata. Jika hotel hanya digunakan sebagai tempat singgah dan beristirahat saja selama liburan, tidak perlu memilih hotel dengan fasilitas terlalu mewah.

4. Rencanakan Kebutuhan Konsumsi Selama Liburan

(webmd.com)

Kebutuhan konsumsi selama liburan perlu direncanakan dengan matang. Pastikan ketersediaan warung makan atau restoran di sekitar akomodasi. Agar lebih hemat, disarankan untuk memilih hotel atau akomodasi lain yang menyediakan sarapan gratis bagi setiap pengunjungnya.

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu mencicipi kuliner khas dari daerah yang dikunjungi. Walaupun sebentar, sempatkanlah mencicipi setidaknya satu kuliner khas. Biasanya kuliner-kuliner khas dijajakan di warung makan atau pedagang kaki lima di sekitar destinasi wisata.

5. Pertimbangkan Transportasi Selama Liburan

(travel.tribunews.com)

Transportasi menuju destinasi tujuan perlu dipertimbangkan dengan matang. Jika menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kapal, atau kereta api sebaiknya membeli tiket jauh-jauh hari, lengkap dengan tiket pulang. Hal ini bertujuan untuk menghindari ketidak tersediaan tiket.

Selama liburan di destinasi tujuan juga perlu dipikirkan transportasi yang akan digunakan untuk bolak-balik dari penginapan ke destinasi tujuan atau sebaliknya. Anda bisa menggunakan aplikasi ojek online seperti Grab dan Gojek. Jika harus menggunakan transportasi umum seperti bus, MRT, atau LRT perkirakan jadwal keberangkatan, karena tidak semua kendaraan umum beroperasi setiap waktu.

6. Susun Jadwal Perjalanan

(westsidedisposal.com)

Setelah semua materi yang dibutuhkan telah lengkap, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyesuaikan jadwal perjalanan. Susun secara lengkap dengan estimasi durasi waktu kunjungan di setiap destinasi wisata. Susun jadwal perjalanan secara hard file dan soft file.

Catatan hard file ditulis dalam buku jurnal perjalanan dan diletakkan di tempat yang mudah dijangkau. Sedangkan catatan soft file disimpan dalam Google Drive ataupun Email. Dengan demikian anda tidak kebingungan saat salah satu catatan hilang atau tidak dapat dibuka.

7. Hitung Total Budget yang Dibutuhkan

(travelagent.co.id)

Hitunglah total estimasi budget yang dibutuhkan selama liburan. Perlu diperhatikan untuk menyesuaikan pengeluaran dengan standar hidup di destinasi yang akan dituju. Misalnya untuk keperluan konsumsi, harga satu porsi mi ayam di Semarang tentu tidak akan sama dengan satu porsi mi ayam di Jakarta. Bisa lebih murah atau bahkan bisa lebih mahal.

Setelah total budget terhitung, langkah berikutnya adalah menabung untuk mewujudkan impian liburan akhir tahun yang menyenangkan. Sisihkan uang jajan sedikit demi sedikit dalam suatu wadah khusus agar dapat terkumpul dengan sesegera mungkin.

Agar lebih mudah dalam mengatur liburan akhir tahun Anda, gunakan aplikasi Traveloka dengan fitur-fitur baru yang akan memudahkan anda dalam membuat perencanaan perjalanan jauh-jauh hari.

Fitur Saved di Traveloka.

Rencana liburan akhir tahun 2019 dapat direncanakan beberapa bulan sebelumnya dengan mudah karena fitur Saved dari Traveloka. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan item-item yang diinginkan seperti transportasi, akomodasi, dan restoran. Melalui fitur Saved, Traveloka juga akan memberikan pop-up notifikasi ketika terjadi perubahan harga dari item-item pilihan.

Anda tidak perlu lagi susah-susah mengingat aktifitas apa saja yang ingin dilakukan. Tidak perlu lagi ribet bikin catatan baik melalui soft file ataupun hard file, sekarang bisa dilakukan dalam satu aplikasi Traveloka. Apalagi dengan kemudahan yang bisa terintegrasi langsung dengan fitur pencarian hotel ataupun pesawat. Anda pasti lebih dimudahkan dalam menyususun itinerary perjalanan, buka kapanpun dan dimanapun tanpa perlu ribet.

Fitur Collection di Traveloka.

Jika sewaktu-waktu menemukan aktifitas yang keren di Traveloka, tinggal simpan. Hemat waktu tanpa harus membuka banyak halaman website untuk mencari inspirasi dalam membuat rencana perjalanan karena dapat dilakukan dalam satu aplikasi. Semua item yang telah dipilih selanjutnya dapat dikelola dengan mudah melalui fitur Collection yang disediakan Traveloka. Item-item tersimpan dapat dibuat menjadi halaman koleksi yang dapat dipersonalisasikan sesuai tema destinasi tujuan atau keinginan pengguna.

Secara tidak langsung, fitur Collection dapat dijadikan sebagai itinerary perjalanan online yang bisa dilihat kembali dimanapun dengan cara yang simple. Selain itu, fitur ini juga dilengkapi dengan tombol sharing untuk memudahkan Anda membagikan kepada teman perjalanan secara langsung dari aplikasi Traveloka.

Nikmati juga fitur Price Alert, karena Traveloka secara otomatis akan memberitahu Anda melalui notifikasi, jika sewaktu-waktu terdapat harga tiket pesawat sesuai dengan budget yang Anda persiapkan. Traveloka juga memudahkan penggunanya melalui fitur Kalender Harga, fitur ini akan menampilkan harga tiket pesawat dan akomodasi termurah hingga termahal dari semua maskapai penerbangan dan hotel di Traveloka.

Kini tidak perlu pusing lagi untuk membuat rencana liburan akhir tahun. Sebab dengan mengaplikasikan ke tujuh poin di atas, maka setiap orang dapat membuat rencana liburan ke destinasi impian dari jauh-jauh hari dengan baik. Hal ini semakin dipermudah oleh adanya fitur-fitur Traveloka yang membuat rencana menjadi lebih terorganisir dan pastinya dengan harga yang terbaik. Tunggu apalagi, rencanakan liburan akhir tahunmu sekarang juga!

Dapatkan ulasan menarik tentang traveloka dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar