Perkembangan Kamera dari Masa ke Masa

Kamera Lumix GH5s.

Kamera obscura, merupakan kamera pertama yang ditemukan oleh seorang ilmuwan muslim bernama Alhazen. Fakta ini telah dijelaskan pada bukunya yang berjudul Books of Optics (1015-1021).

Kamera

Hati-hati dalam memegang kamera. 

Sementara di tahun 1660-an ilmuwan asal Inggris Robert Boyle dan asistennya Robert Hooke menemukan kamera portable obscura. Namun kamera pertama yang cukup praktis dan cukup kecil untuk dapat digunakan dalam bidang fotografi ditemukan pertama kali oleh Johann Zahn, penemuan tersebut terjadi pada tahun 1685. Kamera fotografi pada awalnya banyak yang menerapkan prinsip model Zahn, dimana selalu menggunakan slide tambahan yang digunakan untuk memfokuskan objek.

Baca juga: kebiasaan para pengguna kamer mirrorless di Indonesia saat traveling

Seiring berkembangnya teknologi, perubahan tipe, jenis, dan fitur yang ada pada kamera pun terus mengalami perubahan. Dulu, dalam perkembangannya kamera analog menjadi primadona. Orang-orang membeli roll film untuk memotret. Kini, tren kamera beralih ke tren foto selfie.

Dalam 10 tahun terakhir ini perkembangan fitur kamera mengalami peningkatan yang sangat pesat. Di awal perkembangannya, peningkatan resolusi menjadi salah satu fokus utama pengembangan fitur kamera. Sedangkan beberapa tahun terakhir ini pengembangan teknologi semakin berfokus pada kualitas hasil foto di tempat minim cahaya serta teknologi koneksi ke perangkat pintar.

Kami telah mewawancarai Division Manager Canon Image Communication Datascrip, Sintra Wong, pada Kamis, (9/3). Menurutnya fitur kamera digital kini mengikuti tren yang ada sekarang seperti foto selfie dan wefie. Jadi, kamera-kamera didesain supaya bisa ditekuk dan diputar menghadap ke depan.

“Sesuai tren foto selfie dan wefie yang sedang merebak saat ini, tentunya fitur kamera digital yang paling banyak digunakan oleh para pengguna adalah fitur layar LCD yang dapat ditekuk atau diputar menghadap ke depan,” jelas Sintra.

Seperti yang disampaikan Sintra pada tim Phinemo, saat ini, kamera dengan fitur optical zoom pada lensa pun menjadi fitur yang sangat penting bagi para pencinta wisata. Lensa tersebut digunakan untuk mengabadikan objek wisata jarak jauh.

 “Tentunya fitur optical zoom pada lensa juga menjadi fitur penting untuk mengabadikan objek wisata yang jauh maupun yang dekat,” kata Sintra.

Baca juga: Nikon keluarkan kamera d850 untuk para professional 

Tren video sekarang ini pun memberi pengaruh pada fitur kamera yang ada. Sekarang ini, kamera digital saat ini juga sudah dilengkapi fitur perekaman video berkualitas tinggi sehingga selain dalam bentuk foto, pengguna juga sering merekam momen liburan dalam bentuk video.

Dengan maraknya tren berbagi foto di media sosial, fitur koneksi WiFi juga menjadi fitur favorit bagi para pengguna untuk langsung mengirim hasil foto maupun video dari kamera ke ponsel untuk diunggah ke media sosial.

Tak hanya itu, setelah fitur low light dan 4K yang booming belakangan ini, ke depannya fitur kecerdasan kamera dan kemudahan pemakaian serta teknologi koneksi akan terus berkembang ke depannya.

Dapatkan ulasan menarik tentang kamera dan tulisan Lain dari Echi

Tags:

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar