Kebiasaan Pengguna Kamera Mirrorless di Indonesia Saat Traveling

Traveler ingin praktis dan fitur kamera yang canggih makannya banyak yang memilih mirrorless. Foto oleh

Hampir semua traveler berekspektasi untuk mengabadikan momen perjalanannya menggunakan sebuah kamera praktis dengan fitur yang canggih. Kamera Mirrorless yang terkenal praktis dan canggih pun kini banyak dipilih oleh millennial traveler untuk membidik objek mereka saat liburan.

kamera mirrorless

Traveler ingin praktis dan fitur kamera yang canggih makannya banyak yang memilih mirrorless. Sumber foto

Baca juga: Keunggulan mirrorless dibanding kamera DSLR 

Hal ini terlihat dari data Camera & Imaging Products Association (CIPA) per September 2017 yang menyebutkan bahwa di tahun 2017 terdapat 3,04 juta pengguna mirrorless di dunia. Data ini naik dari tahun 2016 yang hanya mencapai 2,07 juta pengguna.

“Meskipun pada kenyataannya kamera dslr masih menempati puncak tertinggi dalam pasar kamera, tapi dalam waktu dekat kamera Mirrorless akan menguasai pasar,” ujar Yase Defirsa Cory, Marketing Manager Canon Datascrip saat kami hubungi pada, Jumat (26/1).

Asia sendiri saat ini telah menempati posisi yang cukup tinggi dalam pasar Mirrorless per tahun 2017 daripada negara Jepang dan Amerika.

kamera mirrorless

Seiring meningkatnya pengguna Mirrorless terutama di Asia dan Indonesia, kami tertarik untuk melakukan survey untuk mengetahui kebiasaan para pengguna Mirrorless saat liburan. Survey ini mengikutsertakan 100 pengguna mirrorless baik profesional ataupun umum di Indonesia. Dan hasilnya cukup mengejutkan:

  1. 61,5% Pengguna mirrorless mengabadikan foto momen saat liburan
  2. 55,6% Pengguna mirrorless menyempatkan diri untuk mengganti baterai setidaknya sekali saat liburan.
  3. 75,2% Penggununa mirrorless memilih mirrorless karena alasan praktis
  4. 77,8% Pengguna mirrorless menginginkan mirrorless yang layarnya bisa diputar
  5. 68,4% pengguna mirrorless menyempatkan merekam video saat liburan.

Kebiasaan para pengguna mirrorless ini sendiri ternyata berkaitan langsung dengan kelebihan dan kekurangan Mirrorless itu sendiri. Foto momen dipilih karena kepraktisan dan fitur canggih dari mirrorless itu sendiri yang membuat foto momen terlihat sangat maksimal.

Baca juga: Strategi Airbnb di Indonesia tahun 2018 [Interview Mich Goh, Head of Public Policy Southeast Asia Airbnb]

Bahkan karena terbiasa selfie menggunakan smartphone, layar kamera yang bisa diputar juga menjadi salah satu alasan mengapa Mirrorless sangat diminati.

Sayangnya, masih banyak pengguna mirrorless mengeluhkan kapasitas baterai yang kurang besar dan dirasakan cepat habis saat dipakai sewaktu liburan. Energi baterai yang banyak terkuras menyangkut kebiasaan pengguna mirrorless yang lebih nyaman menggunakan moda live view dan merekam video liburan. Karena itu pengguna kamera mirrorless sering mengganti baterainya. Baterai cadangan sangat dibutuhkan karena kapasitas baterai kamera mirrorless tidak sebesar kamera DSLR.

“Mirrorless memang rekomendasi kamera yang tepat untuk orang-orang yang suka berkegiatan di luar ruangan. Canon sendiri menjadi pemimpin pasar mirrorless sejak Desember 2016 hingga sekarang. Saat ini semua kamera mirrorless Canon layarnya bisa di flip 180 derajat dan ada fitur self portrait seperti fitur soft focus pada wajah (smooth skin), brightness dan rentang fokus yang bisa diatur sesuai dengan keinginan dan lensa kit yang lebar untuk (EF-M 15-45mm) Semua fitur yang mendukung swa foto tersebut terdapat pada seri EOS M,” jelas Yase

kamera mirrorless

Dapatkan ulasan menarik tentang INFOGRAFIK dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar