Sidebar

Perbedaan Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom, Sudah Tahu?

Banyak yang menyamakan Inggris, Britania Raya, atau United Kingdom untuk menyebut negara di Eropa Barat. Padahal perbedaan ketiganya sangat ketara.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Banyak dari masyarakat Indonesia menyebut Inggris, Britania Raya, atau United Kingdom untuk menyebut salah satu negara monarki terbesar di Eropa Barat. Padahal perbedaan antara Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom sangat ketara dan tidak bisa disamakan. Secara garis besar, perbedaan tersebut terkait klasifikasinya terhadap cakupan wilayah.

United Kingdom atau Inggris Raya meliputi seluruh wilayah Britania Raya dan Irlandia bagian utara. Total terdapat empat negara yang tergabung dalam kesatuan Inggris Raya, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Proses pembentukan Inggris Raya melewati sejarah panjang dan rumit, dimulai pada tahun 925 M saat Kerajaan Inggris pertama kali lahir.

Peta pembagian wilayah Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom (theculturetrip.com)

Kerajaan Inggris lahir dari gabungan suku Anglo-Saxon. Tahun 1536 M, Raja Henry VIII membuat Wales dan Inggris bergabung di bawah hukum dan pemerintahan yang sama. Sekitar tahun 1707 M, Kerajaan Inggris, termasuk Wales membentuk Britania Raya bersama Skotlandia. 1801 M, Irlandia bergabung dengan Britania Raya membentuk Inggris Raya.

Tahun 1922 M, Irlandia menjadi republik dan melepaskan diri dari Inggris Raya, menyisakan Irlandia Utara yang masuk wilayah Inggris Raya. Setelah peristiwa tersebut, Inggris Raya hanya terdiri dari Inggris, Skotlandia, dan Wales dari Britania Raya, serta Irlandia Utara. Formasi ini adalah United Kingdom atau Inggris Raya yang dikenal sampai dengan hari ini.

Empat negara yang tergabung dalam United Kingdom dipimpin seorang ratu dari Kerajaan Inggris, Ratu Elizabteh II dengan segala keunikan tradisi dalam keluarga kerajaannya sebagai kepala negara. Kepala pemerintahan United Kingdom dipimpin oleh seorang Perdana Menteri. Semua peraturan dan kebijakan di empat negara tersebut ditentukan oleh Kerajaan Inggris.

United Kingdom juga memiliki bendera sendiri yang disebut sebagai Union Jack. Bendera ini unik karena berasal dari gabungan bendera tiga negara, yaitu Irlandia Utara, Inggris, dan Skotlandia. Wales tidak terwakili dalam bendera Union Jack karena baru dirancang setelah invasi Inggris ke Wales. Oleh karena itu, wales diwakilkan oleh bendera Inggris dalam Union Jack.

Ratu Inggris adalah kepala negara United Kingdom yang meliputi empat negara, yaitu Iggris, Skotlandia, Irlandia Utara, dan Wales (lifestyle.okezone.com).

Britania Raya bukanlah sebuah negara, tapi wilayah terbesar. Disebut ‘Raya’ karena kawasan ini merupakan satu kesatuan pulau di Kepulauan Inggris. Pendapat lain menyebutkan, penggunaan kata ‘Raya’ digunakan untuk membedakan Britain dengan Brittany di Prancis. Ada juga yang menyebut penambahan ‘Raya’ adalah ego Raja James I akan kekuasaan.

Sedangkan Inggris adalah sebuah negara bukan wilayah yang berdaulat. Inggris menjadi negara terbesar dalam Inggris Raya, baik secara wilayah maupun jumlah penduduk. Oleh karena itu sering terjadi salah paham bahwa Inggris Raya disamakan dengan Inggris. Inggris menjadi pusat dari United Kingdom dan tempat kediaman Ratu Inggris sang kepala negara.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Hindu di Bali Berbeda dengan Hindu di India? Ini Penyebabnya

Kehidupan Unik Kerajaan Inggris dan Fakta Gila yang Jarang Diketahui

Mendaki Gunung Himalaya Saat Pandemi, Siapkan Uang Rp 72 Juta!

7 Tips Hadapai Resesi, Terus Liburan Tapi Keuangan Tetap Aman

Perancis Menghina Islam, Apakah Negara ini Ramah pada Turis Muslim?

Benarkah Maulid Nabi Terjadi pada 12 Rabiul Awal? Terungkap Faktanya

FALLBACK
The END