Sidebar

Kenapa Bendera Inggris Ada Dua? Simak Penjelasannya Berikut

Kenapa bendera Inggris ada dua? Ada banyak versi bendera Inggris. Agar lebih memahaminya perlu paham perbedaan United Kingdom, England, dan Great Britain.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sering terlihat dalam pertandingan bola di Liga Inggris, banyak pendukung klub kesebelasan menggunakan bendera yang berbeda-beda. Sebagian memakai bendera Inggris dengan dua warna: merah dan putih, sedangkan sebagian lagi memakai bendera Inggris tiga warna: merah, putih, dan biru. Lalu, sebenarnya versi mana yang merupakan bendera resmi Inggris?

Semua bendera tersebut adalah benar milik Inggris, bahkan versinya ada lebih banyak lagi. Mengapa demikian? Agar mudah memahami alasannya, terlebih dahulu harus tahu perbedaan dari United Kingdom, England, dan Great Britain. Pandangan awam seringkali menganggap ketiganya adalah sama, padahal berbeda dalam letak hingga pembagian wilayahnya.

United Kingdom atau UK merupakan gabungan empat negara berdaulat, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara dengan kekuasaan paling tinggi atas pemerintahan. UK dipimpin oleh Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara. Great Britain atau Britania Raya adalah wilayah seluruh daratan yang terdiri atas tiga negara, yakni Wales, Inggris, dan Skotlandia.

Sedangkan yang disebut England adalah Inggris, yang merupakan negara berdaulat bagian dari UK dan Britania Raya. Inggris menjadi negara yang terbesar di UK dalam jumlah wilayah dan penduduknya. Istana-istana Raja dan Ratu serta pusat pemerintahan UK berada di Inggris. Terakhir, Iralndia Utara adalah bagian dari UK yang berada di daratan berbeda.

(twitter/myoxfordenglish)

Kenapa Bendera Resmi Inggris Ada Dua?

Setiap negara yang tergabung dalam UK memiliki bendera yang berbeda-beda. Ketika semua bendera tersebut digabungkan menjadi satu maka akan menjadi bendera resmi United Kingdom yang lebih dikenal Union Jack atau Union Kingdom. Union Jack memiliki tiga warna, yaitu merah, putih, dan biru. Pernah digunakan oleh negara-negara di bawah Kekasiran Britania.

Penggunaan Union Jack sebagai bendera resmi UK diresmikan sejak tanggal 12 April1606, sebagai perlambang bersatunya Inggris dan Skotlandia. Union Jack terbentuk dari bendera palang Inggris berupa salib merah St. George dengan latar belakang putih dan bendera silang Skotlandia berupa salib putih St. Andreas dengan latar belakang biru. Pinggit putih yang dilapiskan salib merah ke atas melambangkan salib St. Patrick dari Irlandia.

Bendera UK versi Skotlandia (commons.wikimedia.org).

Uniknya, Skotlandia pernah memiliki versi sendiri Union Jack. Betuknya sama dengan Union Jack sebelumnya, hanya saja saltire miliki Skotlandia mendominasi di bagian depan. Versi bendera ini pernah digunakan pada 1606-1707. Setelah itu, negara-negara Britania Raya lalu sepakat untuk menggunakan versi Union Jack seperti yang telah dikenal publik sekarang.

Wales menjadi satu-satunya negara dalam UK yang benderanya tidak terwakili di Union Jack. Hal ini disebabkan karena bendera tersebut baru dirancang setelah invasi Inggris ke Wales pada tahun 1282. Wales menjadi bagian dari Kerajaan Inggris sebelum kesatuan UK terbentuk. Sebagai gantinya, Wales diwakilkan oleh salib merah St. George bersama Inggris.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Perbedaan Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom, Sudah Tahu?

Kenapa Papua Nugini Tidak Masuk Indonesia? Terungkap Inilah Alasannya

5 Negara Penjajah yang Pernah Dijajah oleh Negara Lain, Kok Bisa?

Swiss Negara Paling Aman dari Virus Corona, Kok Bisa?

Erupsi Gunung Berapi Dahsyat di Jepang Pernah Membuat Bulan Hilang

3 Hotel Mewah di Inggris yang Dahulunya Benteng Perang di Laut Lepas

FALLBACK
The END