Kasus Megxit dan Fakta Unik dari Keluarga Kerajaan Inggris

Kasus Megxit Pangeran Harry dan Meghan Markle, serta fakta unik Keluarga Kerajaan Inggris (internasional.kompas.com).

Kabar kurang mengenakkan kembali berhembus dari kediaman Ratu Elizabeth II di Istana Kerajaan Inggris. Belum selesai permasalahan skandal seks yang menyeret Pangeran Andrew, berita mengejutkan datang dari Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan untuk mundur dari anggota senior Kerajaan Inggris pada 8 Januari 2020 lalu.

Keputusan tersebut diumumkan oleh Pangeran Harry melalui media sosial Instagram di akun sussexroyal tanpa konsultasi dengan Ratu Elizabeth II terlebih dahulu. Pangeran Harry mengaku tidak akan tinggal dekat dengan keluarga kerajaan lain dan bekerja agar bisa mandiri secara finansial. Kedepannya, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tinggal di Kanada.

Setelah pengumuman tersebut, kabarnya Ratu Elizabeth II kecewa berat bahkan terluka. Kata Megxit (Meghan-Harry exit) kemudian menjadi pemberitaan global, bahkan hingga saat ini. Setelah diskusi panjang dalam pertemuan internal keluarga Kerajaan Inggris di Sandringham, akhirnya hari ini (14/1/2020) sang ratu mengumumkan untuk merestui keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Fakta Unik tentang Keluarga Kerajaan Inggris

Kabar yang beredar menyatakan bahwa keluarnya Pangeran Harry dan Meghan Markle dari Keluarga Kerajaan Inggris adalah karena Meghan Markle yang tidak terbiasa hidup di tengah kekangan norma-norma kerajaan. Kasus Megxit ini membawa dampak besar bagi Keluarga Kerajaan Inggris, terutama pada nilai kemonarkian, dalam hal ini sakralitas posisi ratu dan raja.

Memang, Keluarga Kerajaan Inggris memiliki banyak tradisi sakral yang terus dianut hingga sekarang. Meskipun terkesan sudah tidak lagi relevan dengan perkembangan zaman. Berikut adalah beberapa fakta unik Keluarga Kerajaan Inggris.

1. Bukan Berasal dari Inggris

Pihak keluarga Ratu Elizabeth II berasal dari Jerman, Duke of Edinburgh. Sebagian besar para bangsawan Inggris berdarah Denmark dan Yunani. Setelah Pangeran Harry menikah dengan Meghan Markle, anggota keluarga kerajaan yang baru kini juga berdarah Afrika-Amerika.

Sensus tahunan untuk menghitung populasi Angsa di Inggris (Instagram/theroyalfamily).

2. Hanya Keluarga Kerajaan yang Boleh Mengonsumsi Angsa

Semua angsa yang ada di Inggris adalah milik sang Ratu Elizabeth II. Semua warga Inggris dilarang untuk mengonsumsinya karena termasuk tindakan yang melanggar hukum. Daging angsa hanya dapat dimakan oleh Keluarga Kerajaan Inggris. Tak jelas apa alasannya, namun hal inilah yang membuat orang Inggris begitu hormat pada unggas putih ini.

3. Suami Ratu Elizabeth Bukanlah Raja

Cukup aneh, sementara Ratu Elizabeth II adalah sorang ratu, sedangkan suaminya yaitu Pangeran Philip bukanlah seorang raja. Dalam peraturan mornarki, putri akan menjadi ratu ketika menikahi pangeran yang menjadi raja. Peraturan ini tak berlaku sebaliknya, pangeran tidak akan menjadi raja jika menikahi putri yang akan menjadi ratu.

Ratu Elizabeth II (Instagram/theroyalfamily)

4. Ratu Elizabeth I dan II secara Bersamaan

Rumit, penjelasan sederhananya Ratu Elizabeth II adalah Ratu Elizabeth yang kedua di Kerajaan Inggris karena sebelumnya telah ada seorang ratu bernama Elizabeth yang memerintah Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II menjadi Ratu Elizabeth yang pertama di Skotlandia karena saat itu Ratu Elizabeth I belum memerintah di Skotlandia. Singkatnya ratu yang memerintah sekarang adalah Ratu Elizabeth I dan II secara bersamaan.

Dapatkan ulasan menarik tentang inggris dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....