facebook pixel

Hal yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Lewati Pintu Pemeriksaan Bandara

Catat ya! Kamu harus paham sebelum masuk ke Bandara!


Transportasi udara adalah salah satu alat transportasi yang paling aman. Ya, sebelum masuk bandara saja Kamu harus melalui beragam pemeriksaan. Aturan yang diterapkannya pun sangat ketat dan diatur dalam undang-undang penerbangan. Jadi, Kamu harus paham dong tentang apa yang harus Kamu lakukan sebelum naik pesawat!

Banyak sekali kasus yang tidak menyenangkan saat di Bandara. Salah satunya adalah kasus sorang penumpang yang menampar petugas Avsec (Aviation Security) di Bandar Udara Sam Ratulagi, Manado. Kejadian itu sungguh disayangkan lho. 

Nah, biar kejadian buruk itu nggak terjadi lagi, maka Kamu harus tahu dan paham hal apa yang harus dilakukan. Simak di sini ya gais!

Melepas jam tangan saat melewati pintu metal detector dan memeriksanya ke dalam sinar X-ray

Jam tangan juga diperiksa. Sumber

Ah cuma jangan tangan saja, itu kan cuma aksesoris. Memang itu hanyalah aksesoris saja, tapi ada alasan lain kenapa jam tangan harus di lepas. Ternyata untuk menghindari kriminalitas. Bisa saja  penumpang berniat jahat misalnya, menyiapkan jarum-jarum beracun yang dioprasikan melalui tombol-tombol yang ada pada jam tangan. 

Jaman sudah makin canggih nggak heran kalau ada jam tangan canggih yang bisa digunakan untuk kejahatan. Untuk itu kenapa jam tangan tanpa terkecuali harus dilepas dan diperiksan dengan mesin sinar X-ray.

Melepaskan ikat pinggang pun wajib dilakukan saat melewati pintu metal detektor di bandara

Lepas ikat pingganya. Sumber

Hal ini pun wajib dilakukan lho gais. Alasannya pun hampir sama. Barang kali penumpang yang masuk ke bandara ada yang berniat jahat dan menyimpan sebuah pisau tipis atau senjata berbahaya lain ke dalam kulit ikat pinggangnya. Serem kan? Biar hal itu nggak terjadi maka sebuah pemeriksaan ikat pinggang pun dilakukan. 

Jangan membawa cairan lebih dari 100 ml saat masuk dalam bandara

jangan lupa di kasih plastik. Sumber

Peraturan ini hanya berlaku saat penerbangan Internasional. Kamu dilarang membawa cairan lebih dari 100 ml. Sebelum masuk ruang tunggu gate, Kamu akan melewati pemeriksaan lagi. Di sana akan difokuskan untuk pemeriksaan cairan. 

Sekelompok teroris telah terbongkar rencananya ingin meledakkan pesawat menggunakan bom cair pada bulan agustus 2016 di bandara Inggris

Kamu harus melepas jaket saat melewati metal detector

Jaketnya dilepas juga. Sumber

Demi keamanan bandara, jaket yang kamu kenakan pun harus dilepas dan diperiksa menggunakan X -ray. Hal ini sudah menjadi sebuah standarisasi keamanan  dari bandara. Jadi sebelum di tegur oleh petugas sebaiknya Kamu menyadarinya.

Menggunakan pakaian yang sangat longgar pun rupanya akan dicurigai oleh petugas Avsec

Biar nggak dicurigai. Sumber

Memilih pakaian yang longgar boleh saja sih. Tapi jagan teralu longgar. Hal ini bisa menaruh kecurigaan petugas bandara lho. Mereka akan mencurigai Kamu membawa benda yang berbahaya. Dari pada ditanya macam-macam mending Kamu tidak mengenakannya.

Jangan mengenakan sepatu yang bertali dan susah untuk dilepaskan

Sepatu juga kadang diperiksa. Sumber

Nggak semua bandara melakukan aturan ini. Terutama bandara yang punya sistem keamanan yang ketat. Selain petugas mengenakan metal detector dan sinar X, kadang mereka juga meminta penumpag untuk melepas sepatu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kasus penyelundupan. 

Jadi jika Kamu terburu-buru, sebaiknya kenakan sepatu tanpa tali biar mempercepat proses pemeriksaan. 

Jangan Kamu sekali-kali bercanda mengenai Bom saat di Bandara

Bcanda sih tapi bisa Fatal. Sumber

Bom adalah salah satunya benda berbahaya yang haram masuk bandara. Jadi ada baiknya Kamu jagan bercanda dengan teman Kamu. Meskipun pada kenyataaya Kamu nggak membawa barang itu. Tapi jika sampai petugas dengar lelucon Kamu itu dia nggak segan-segan akan mengamankan Kamu.

Barang elektronik yang Kamu bawa pun harus melaui pemeriksaan sinar X

Ini juga akan diperiksa. Sumber

Barang-barang elektronik seperti laptop dan haphone adalah barang yang berpotensi untuk melakukan kejahatan. Jadi harus melalui proses pemeriksaan sinar X. Kamu bisa memisahkan benda elektronik Kamu dalam tas sendiri. Jika ada pemeriksaan intensif Kamu nggak perlu menbuka loper

Rasanya nggak ada baiknya jika Kamu berdebat dan membuat keributan di pintu pemeriksaan

Aduh jangan berdebat gini ah, malu. Sumber

Petugas yang ada di pintu pemeriksaan sudah melakukan tugasnya dengan baik. Jadi jika Kamu mendapatkan teguran maka jagan pernah membantah. Jika Kamu membuat ulah keributan, maka urusannya akan panjang lho. Nggak segan-segan Kamu akan dikirim ke petugas keamanan.

***

Nah, sekarang Kamu paham kan kenapa harus ada pemeriksaan di bandara dan kenapa jam tangan harus dilepas dan diperiksa menggunaka sinar X. Jika Kamu paham sebaiknya Kamu juga sadar diri untuk mematuhi peraturan yang ada di bandara ya!

Baca juga artikel menarik lainnya di sini! 

banner experience