Sidebar

5 Bandara Unik di Indonesia dengan Fasilitas Super Mewah

5 Bandara Unik di Indonesia dengan Fasilitas Super Mewah

Beberapa bandara baru di Indonesia tergolong sebagai yang paling unik dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang mewah, berikut ini adalah ulasannnya.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Indonesia tengah berbenah untuk mengejar target menjadi sebuah negera maju di tahun 2045. Berbagai infrastruktur sedang dikembangkan, tak terkecuali bandara yang menjadi gerbang masuk warga dunia menuju wilayah Indonesia. Beberapa bandara baru di Indonesia tergolong sebagai yang paling unik dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang mewah, berikut ini adalah ulasannnya.

1. Bandara Kamur, Papua – Bandara dengan Runaway Terpendek

Bandara Kamur berstatus sebagai bandara UPBU Kelas 3 di Indonesia yang memegang peranan penting dalam mobilitas masyarakat adat Suku Asmat. Bandara Kamur terbilang bandara yang cukup berbahaya karena memiliki runaway terpendek di Indonesia, hanya 600×18 mter. Beberapa jenis pesawat Twin Otter melayani penerbangan antar desa melalui Bandara Kamur.

2. Bandara Ahmad Yani, Semarang – Bandara di Atas Air

Bandara Ahmad Yani terbilang unik karena dibangun diatas rawa bekas tambak warga. Dengan teknologi Prefebricated Vertikal Drainase (PVD), bangunan Bandara Ahmad Yani sangat kokoh meski dibangun diatas tanah rawa. Bandara ini menyediakan berbagai fasilitas yang juga dibangun di atas air seperti kolam-kolam taman dan air mancur.

3. Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang – Bandara Terluas di Indonesia

Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara terluas di Indonesia yang memegang peranan penting dimana 66,9 juta penumpang hilir mudik sepanjang tahun 2019 ini. Total luas Bandara Soekarno-Hatta mencapai 2137 Ha. Bandara Soekarno-Hatta memiliki wajah baru, dengan kehadiran berbaagai fitur menarik seperti Skytrain, KRL Bandara, hingga Premium Check In.

4. Bandara Hang Nadim, Batam – Bandara dengan Runaway Terpanjang

Bandara Hang Nadim terletak di Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Batam. Bandara ini menjadi salah satu yang terpenting di kawasan Selat Malaka. Bandara Hang Nadim memiliki runaway yang disebut-sebut sebagai yang terpanjang di Indonesia, mencapai 4025 meter. Fasilitas lengkap dan cukup luas, Bandara Hang Nadim mampu menampung 18 pesawat berbadan besar dari maskapai penerbangan lokal hingga internasional.

5. Bandara Sultan Aji Mahmud Sulaiman, Balikpapan – Bandara Termewah

Dahulu Bandara Sultan Aji Mahmud Sulaiman bernama Bandara Sepinggan yang diklaim sebagai bandara termewah di Indonesia. Keunikan bandara ini yaitu memiliki akses langsung menuju mall. Bandara ini dibangun dengan konsep back to nature dengan pemandangan landscape hutan alam pada bagian dinding facade, serta ventilasi atap yang dibuat mirip dengan ombak lautan.

Jelajahi indahnya dunia bersama Phinemo Marketplace. Dengan ratusan produk wisata dari tour operator kenamaan di Indonesia, wujudkan liburan impianmu. Transaksi aman tanpa perantara dengan fitur rekening bersama. Baca selengkapnya di Phinemo Marketplace.

SHARE :


Rekomendasi

Umaid Bhawan Palace, Bekas Istana yang Disewakan untuk Penginapan

Rumah Pohon Suku Korowai, Potret Hidup Harmonis dengan Alam

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

Tradisi Berburu Paus di Lamalera, Antara Budaya atau Kelestarian Alam

Montage Palmetto Bluff, Tempat Justin Bieber dan Hailey Baldwin Menikah

5 Tempat untuk Berenang dan Berfoto Bersama Hiu Paus di Indonesia

FALLBACK
The END