Pendakian Gunung Merbabu Resmi Menerapkan Booking Online

Gunung Merbabu (Instagram/@exploregunung_)

Resmi mulai 25 April 2019 kemarin, setiap kegiatan pendakian Gunung Merbabu diwajibkan untuk melakukan booking online. Aturan ini merupakan tahap uji coba untuk memantau dan mengatur jumlah pendaki yang naik atau turun Gunung Merbabu sehingga tidak terjadi penumpukan pendaki seperti yang viral bealakang ini. Tak hanya itu, dengan kebijakan ini diharapkan dapat menghimpun data lengkap pendaki sehingga memudahkan proses evakuasi jika terjadi hal-hal tak diinginkan.

Dilansir dari Kompas.com, Plh Kepala resmi Balai Taman Nasional Gunung Merbabu BTNGMB Johan Setiawan menuturkan bahwa booking online adalah manajemen pendaftaran secara online untuk mendata pendaki dalam hal pengaturan kuota pendaki. Booking online dapat dilakukan melalui website BTNGMB di tngunungmerbabu.org. Selain itu pihak pengelola BTNGMB juga telah menyiapkan aplikasi booking yang akan segera diuji coba.

Dalam booking online data yang harus diisikan diantaranya nama pendaki, nomor kartu identitas, jumlah, waktu pendakian, dan kontak person yang dapat dihubungi saat keadaan darurat. Booking online akan diuji coba di jalur pendakian Selo Lama. Kendala-kendala penerapan aturan ini akan terus dievaluasi sehingga nantinya bisa dipermanenkan ke semua jalur pendakian Gunung Merbabu.

(Dokumentasi Ryan Hidayat)

Seperti yang diketahui bahwa pada Sabtu, 21 April 2019 lalu terjadi kepadatan pendakuan  di Gunung Merbabu sekitar pukul 13.00 WIB. Kondisi pendakian sangat ramai dan penuh sesak oleh pendaki baik yang akan naik maupun turun Gunung Merbabu antara Pos 1 dan Pos 2 di Jalur Pendakian Selo Lama.

Dapatkan ulasan menarik tentang gunung merbabu dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar