Jalur Pendakian Merbabu Dibuka, Pengunjung Diijinkan Muncak Lagi

Jalur pendakian Gunung Merbabu kembali dibuka besok pada 21 Juni 2019 (Instagram/@rian_zulfiqar).

Gunung Merbabu merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.142 mdpl yang berada diantara Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Boyolali. Setelah ditutup sejak tanggal 20 Mei 2019 lalu, tepat besok pada Jumat, 21 Mei 2019 jalur pendakian Gunung Merbabu akan kembali dibuka untuk umum.

Informasi pembukaan kembali jalur pendakian Gunung Merbabu disampaikan langsung oleh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu melalui surat edaran nomor PG.02/T.35/TU/EVLAP/2019. Pembukaan tersebut dilakukan untuk semua jalur pendakian yaitu Selo (Genting), Cuntil Thekelan, Wekas, dan Suwanting.

Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah yang lalu, sebagian besar gunung di Indonesia sengaja ditutup untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan untuk memberikan waktu kepada para petugas di jalur pendakian agar bisa merayakan lebaran bersama keluarga. Selain itu juga dilakukan perbaikan fasilitas dan mengembalikan ekosistem alam yang sempat rusak.

Beberapa fasilitas yang rusak di semua jalur pendakian resmi Gunung Merbabu kini sudah selesai diperbaiki. Khusus untuk jalur pendakian Selo telah tersedia sistem layanan pendaftaran dan booking online melalui situs tngunungmerbabu.org. Setiap pengunjung yang mendaftar secara online akan diberikan gelang ber-chip yang memungkinkan pihak pengelola memantau lokasi secara real time. Hal ini dilakukan untuk memudahkan tim penyelamat menemukan pendaki ketika tersesat.

Selain pengumuman tersbeut pihak pengelola juga memberikan himbauan kepada setiap pengunjung yang berniat melakukan pendakian di Gunung Merbabu untuk menyiapkan perlengkapan pendakian, kondisi jasmani dan rohani, serta mengantisipasi jika terjadi kondisi ekstrem. Para pendaki juga dihimbau agar tetap menjaga lingkungan dengan membawa turun kembali sampah selama di puncak.

Bagi and ayang tertarik untuk melakukan pendakian namun masih terkendala dengan akomodasi dan transportasi kini tak perlu khawatir. Segera kunjungi halaman Phinemo Marketplace untuk penawaran paket wisata pendakian gunung terbaik. Klik link berikut >> Paket Wisata Pendakian Gunung Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang merbabu dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar