Pantai Tuing, Sensasi Surga Tersembunyi di Timur Bangka

Pantai Tuing merupakan lokasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini memiliki pesona alam yang masih asri dan hijau.

Pantai Tuing memiliki pantai pasir putih dengan pulau karang, bebatuan granit, terumbu karang, riuh buih, serta rerindangan pohon dan kayu-kayu kering. Bibir pantainya memanjang dan diselingi pula dengan bebatuan karang yang tak pernah runtuh diterjang ombak.

Baca Juga: Cantiknya Bangka Belitung, Kampung Halaman Sonia Fergina, Putri Indonesia 2018

pantai tuing

pesona tersembunyi di timur Bangka, Indonesia (Instagram/yuriafriyanti)

Berlokasi kurang lebih 45 kilomater dari Kota Sungailiat, akses menuju pantai ini tidak susah. Melewati beberapa desa, mulai dari Sinar Baru, Deniang, Cit dan Mapur, anda akan melewati hutan dengan pepohonan yang rindang dan beberapa kolong bekas penambangan timah.

Namun untuk transportasi menuju ke arah timur Bangka itu, kita harus mengandalkan kendaraan pribadi, baik roda dua, maupun sepeda motor.

Untuk menempuh pantai yang memanjang itu, Anda akan melalui beberapa kampung atau dusun yang masih cukup sederhana dengan kehidupannya yang sebagian besar masih mengandalkan pertanian, perkebunan dan juga penambangan.

pantai tiung

rindang dedaun pantai bikin betah berlama-lama di sini (Instagram/arie_albarru)

Kondisi strategis Pantai Tuing

Pantai Tuing ini mempunyai geografis yang cukup strategis, berbatasan langsung dengan selat Karimata, ombaknya tidak terlalu besar, berpasir putih dan cocok untuk aktivitas menyelam dan snorkling juga dan menyambung dengan pantai lainnya.

Anda akan mendapati perairan pantai yang masih jernih dengan kekayaan terumbu karang yang memesona. Tak hanya untuk bersantai, fasilitas ini memanjakan Anda yang hobi olahraga air diving. 

Perjalanan menuju surga tersembunyi di timur Bangka ini juga tak akan flat flat saja. Sebab di kanan kiri jalanan, Anda akan disuguhi pemandangan lahan gambut, dan juga jembatan kayu yang menjadi akses penghubung bagi pengunjung dan masyarakat.

pantai tiung

pesona tersembunyi di timur Bangka, Indonesia (Instagram/bstwr)

Pantai yang depannya ditumbuhi pohon kelapa dan ketapang serta ilalang ini, terlihat masih alami dan jauh dari gangguan dari tangan jahil.

Anda yang ingin bermalam di sini tak perlu khawatir, sebab penduduk setempat telah menyediakan homestay yang dapat Anda jadikan tempat inap.

Baca Juga: Inilah Fakta Tentang Bangka Belitung yang Harus Kamu Tahu!

Meski pantai ini telah mendekati sempurna, belum adanya sarana dan fasilitas umum yang memadai seperti toilet hingga saung-saung untuk berteduh menjadi koreksi tersendiri.

Bagaimana, makin tertarik menyesapi surga tersembunyi disebalik timur Kabupaten Bangka ini?

Dapatkan ulasan menarik tentang bangka dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran