facebook pixel

Wow! Ini Fakta Tentang Bangka Belitung yang Belum Pernah Orang Tahu!

Cek di sini fakta unik Bangka Belitung! Sebelum Kamu datang ke Sana


Siapa sangka timah dari Bangka Belitung itu merupakan bahan baku pembuatan smartphone di dunia!

 
Di balik keindahan pantai di Bangka Belitung ada beberapa fakta unik yang tidak semua orang tahu, lho! Dari pada Kamu penasaran, simak pembahasan berikut ini!

1. Timah dari Pulau Bangka Belitung punya peranan penting untuk  bahan baku pembuatan smartphone di seluruh dunia

Hebat ya! Sumber

Saat Kamu datang ke Bangka Belitung, Kamu pasti tahu kalau pulau itu adalah penghasil timah di Indonesia. Tapi siapa sangka timah dari Bangka Belitung itu merupakan bahan baku pembuatan smartphone. Buktinya, produsen smartphone besar di dunia seperti Nokia, Sony, BlackBerry, Motorola, dan LG Electronis mengakui bahwa produk-produknya mengandung timah hasil penambangan di Pulau Bangka, Indonesia. Keren kan?

2. Ada pemakaman Tionghoa terbesar di Pangkal Pinang, Bangka Belitung

Wah penampakannya bagus ya!Sumber

Ketika Kamu datang ke Bangka Kamu akan melihat beberapa pemandangan yang unik. Pemandangan itu tak lain makam etnis Tionghoa. Salah satu makam terbesarnya ada di Pangkalpinang adalah kuburan Cina Sentosa yang dibangun pada tahun 1935. Makam ini punya luas sekitar 27 Ha. Saat ini ada 11.478 makam.

3. Selain penghasil timah Bangka Belitung juga dikenal dengan penghasil lada terbesar di Indonesia

Panen Lada Sumber

Kamu akan meilhat kebun lada sepanjang perjalanan tripmu ke Bangka Belitung. Salah satu komoditas perdagangan dunia ini lebih dari 80% berasal dari Bangka Belitung, lho!

4. Terasi Bangka sudah go internasional karena terkenal enak dan terbuat dari udang rebon asli

Enak ya! Sumber

Si hitam lezat ini baru bisa dinikmati saat sudah tercampur dangan bahan makanan lain. Bahan dasar udang rebon ini kadang disepelekan oleh orang-orang karena baunya yang sangat menyengat. Tapi siapa sangka kalau terasi Bangka Belitung ruanya juga sudah mendunia. Bahkan wisatawan asing yang berkunjung ke Bangka Belitung membawa trasi untuk oleh-oleh.

6. Seperti danau, jika dilihat dari atas permukaan tanah di Bangka tidak rata dan ada kubangan air di dalamnya

bolong bolong Sumber

Jika Kamu datang ke Bangka, lubang-lubang yang tak beraturan adalah penampakan yang dapat Kamu nikmati dari ketinggian. Lubang-lubang itu adalah bakas hasil tambang yang dilakukan oleh msayarakat Bangka Belitung. Sedihnya banyak galian tambang tidak resmi dan itu bisa menyebabkan kerusakan alam. 

7. Pangkal Pinang di Kepulauan Bangka Belitung pernah menjadi ibu kota Republik Indonesia selama tujuh bulan pada tahun 1949.

Prasasti di Bangka Belitung Sumber

Secara “De Facto” Pangkal Pinang pernah menjadi Ibu Kota Republik Indonesia selama 7 bulan. Saat itu Peresiden Soekarno dan Menteri Luar Negeri Agus Salim diasingkan di Wisma Ranggam di Muntok, Bangka Barat, mulai 5 Febuari 1949 dan secara de facto pimpinan beralih ke Bangka Belitung.

8. Bangka Belitung pernah menjadi tempat pengasingan Presiden Soekarno

Rumah pengasingna bung Karno. Sumber

Tempat pengasingan Presiden Soekarano sekarang menjadi tempat wisata sejarah. Awalnya rumah yang ada di Muntok adalah tempat istirahat pegawai perusahhan timah Bank Tinwinning Bedriff pada tahun 1927-1930. Tapi pada 22 Desember 1928-7 Juli 1949 tempat ini jadi rumah pengasingan Presiden Soekarno. 

Sekarang Pesanggrahan Menumbing dengan arsitektur kolonial ini menjadi tempat wisata sejarah. Kamu bisa masuk ke dalam untuk melihat beberap benda bersejarah peninggalan Bung Karno dengan membayar tiket masuk. 

9. Batuan granit yang ada di Bangka Belitung diperkirakan berumur mencapai 65-200 juta tahun 

Cakep ya!Sumber

Saat datang ke Bangka Belitung Kamu akan mudah menjumpai beberapa tempat dengan batuan granit yang menjulang tinggi. Siapa sangka kalau batuan itu mencapai 65-200 juta tahun. Menurut peneliatian batua granit itu hasil pembekuan magma yang bersifat asam, yaitu dengan kandungan silika yang tinggi lebih dari 65%.

Uniknya munculnya bongkahan itu diawali dari pembekuan granit di bawah permukaan bumi pada kedalaman puluhan kilometer.

***

Jika Kamu ingin tahu tentang Bangka Belitung lainnya Kamu bisa kunjungi ling di bawah ini:

banner experience