Sidebar

Panduan Lengkap Cara Naik Kereta ke Bandara Soekarno-Hatta

Kereta Api Bandara merupakan layanan kereta api ekspres kelas eksekutif dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dioperasikan oleh Railink.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Kereta Api Bandara merupakan layanan kereta api ekspres kelas eksekutif dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dioperasikan oleh Railink, perusahaan hasil kerjasama antara PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura II. Rute perjalanan Kereta Api Bandara melewati Stasiun Bandara Soekarno-Hatta – Stasiun Duri – Stasiun BNI City – Stasiun Manggarai – Stasiun Bekasi – Stasiun Tambun.

Jumlah perjalanan Kereta Api Bandara dapat mencapai hingga 80 kali dalam sehari dengan waktu tempuh sekitar 40-60 menit dari Stasiun Manggarai. Setiap Stasiun Kereta Api Bandara dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti diantaranya,

  1. Vending Machine untuk proses check-in secara mandiri, lengkap dengan informasi jadwal kedatangan maupun keberangkatan Kereta Api Bandara.
  2. Waiting Lounge yang nyaman dengan gerai makanan, minimarket, medical assistance, smoking area, toilet, musholla, dan ruang menyusui (nursery).
  3. Stasiun Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta dilengkapi dengan konektivitas ke APMS (Skytrain).

Cara Naik Kereta Api Bandara

1. Cek Jadwal Keberangkatan

Kereta Api Bandara beroperasi mulai pukul 03.21-22.51 WIB menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sedangkan dari rute sebaliknya berangkat mulai pukul 04.40 WIB hingga kereta terakhir pukul 00.40 WIB. Jadwal keberangkatan Kereta Api Bandara dapat dilihat di website Railink.co.id atau akun twitter di @kabandara.

2. Membeli Tiket Kereta Api Bandara

Pembelian tiket Kereta Api Bandara dapat dilakukan di stasiun keberangkatan atau secara online melalui aplikasi. Keduanya menggunakan sistem cashless atau non-tunai.

Pembelian tiket langsung di stasiun dilakukan secara mandiri di Vending Machine dengan transaksi non-tunai menggunakan debit atau kredit. Pembelian tiket cara ini, penumpang diminta untuk memilih jadwal keberangkatan dan memasukkan nama, nomor ponsel, dan alamat email. Waktu transaksi sekitar 1-2 menit, setelah sukses tiket dan struk pembayaran akan keluar.

3. Datang Lebih Awal ke Stasiun

Stasiun paling ujung Kereta Api Bandara adalah Stasiun Manggarai, untuk bisa naik Kereta Api Bandara dari stasiun ini dapat menuju ke Peron 9 Lantai 2. Memasuki kawasan Stasiun Manggarai terlebih dahulu harus membeli kartu Commuter Line seharga Rp. 13.000,- yang akan dikembalikan lagi setelah keluar dari stasiun.

Sebelum waktu keberangkatan, penumpang diminta untuk menunggu di Waiting Lounge yang sangat nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap. Setelah Kereta Api Bandara tiba, petugas akan mengarahkan penumpang untuk memasuki gerbong. Tempat duduk di Kereta Api Bandara bebas, pastikan anda memilih tempat yang paling nyaman.

4. Terkoneksi dengan APMS (Skytrain)

Stasiun akhir Kereta Api Bandara adalah Stasiun Bandara Soekarno-Hatta yang langsung terkoneksi oleh APMS (Skytrain) yang disebut juga dengan Kalayang. Kalayang merupakan fasilitas gratis dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang akan mengantarkan penumpang menuju Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Tidak Bisa Daftar Akun di KAI Access? Begini Solusinya

Cara Membeli Tiket Kereta Api Go Show Melalui Aplikasi KAI Access

Cara Daftar KAI Access, Langkah Awal yang Harus Dipahami

Cara Menggunakan KAI Access, Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta Api

Cara Refund Tiket Pesawat Online dari OTA, Mudah dan Uang Kembali!

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

FALLBACK
The END