Sidebar

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

Museum of Broken Relationship didedikasikan khusus untuk mengenang hubungan cinta yang gagal. Lokasinya berada di Zagreb, Kroasia.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Museum of Broken Relationship didedikasikan khusus untuk mengenang hubungan cinta yang gagal. Lokasinya berada di antara Gereja Saint Mark dan Saint Catherine di Zagreb, Kroasia. Koleksi yang disimpan di museum patah hati ini adalah barang-barang peninggalan dari mantan kekasih, lengkap dengan deskripsi singkat.

Pembangunan Museum of Broken Relationship diinisiasi oleh Olinka Vistica dan Drazen Grubisic yang dahulu pernah menjalin hubungan cinta selama empat tahun sebelum akhirnya putus. Museum ini dibuka untuk pertama kali pada tahun 2010 dan menjadi satu-satunya museum pribadi di Zagreb. Barang pertama yang dipamerkan adalah mainan kelinci yang dilengkapi dengan foto liburan di Iran.

(Instagram/brokenships)

Koleksi museum ini memang tampak biasa, namun kata-kata deskripsinya begitu menyentuh karena menunjukkan patah hati yang teramat dalam. Seperti mainan kelinci tersebut yang dipajang dengan plakat bertuliskan: “Kelinci ini seharunya busa keliling dunia. Sayangnya, ia tidak pernah berjalan lebih jauh dari Iran.”

Penghargaan

Sebelum menetap secara permanen di Zagreb, awalnya Museum of Broken Relationship ini memulai debutnya sebagai museum keliling yang telah melalang buana hingga ke seleuruh dunia. Museum ini tercatat telah mengadakan tour dunia dari Argentina, Bosnia dan Herzegovina, Jerman, Makedonia, Filipina, Serbia, Singapura, Slovenia, Afrika Selatan, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

(Alan Vajdic/Museum of Broken Relationships)

Pada tahun 2011, museum ini mendapatkan penghargaan Kenneth Hudson dari European Museum Forum (EMF) sebagai museum paling inovatif di Eropa. Menurut EMF, Museum of Broken Relationship telah mendorong diskusi dan refleksi tidak hanya pada kerapuhan hubungan manusia tetapi juga kondisi politik, sosial, dan budaya di sekitar wilayah yang diceritakan.

Pada 2017 lalu, Museum of Broken Relationship berhasil menggaet lebih dari 100.000 pengunjung dan menjadikannya museum ke-11 terpopuler di Kroasia. Seiring dengan kepopulerannya sejak 2016, museum ini membuka cabang di Los Angels, Amerika Serikat. Pengunjung dapat datang setiap hari karena buka tujuh hari dalam seminggu.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

The Great Blue Hole, Titik Terdalam Bumi yang Masih Misterius

Montage Palmetto Bluff, Tempat Justin Bieber dan Hailey Baldwin Menikah

5 Tempat Wisata Bersejarah yang Dibangun Karena Cinta

Visa Turis ke Amerika Serikat Tidak Lagi untuk Wanita Hamil

7 Tempat Bersejarah di Iran yang Terancam Jika Perang Dunia ke-3 Terjadi

Pulau Run di Maluku Tengah yang Pernah Ditukar dengan Manhattan

FALLBACK
The END