Sidebar

Mountain Lake Virginia, Danau Misterius yang Hilang Satu Dekade

Selama sekitar 12 tahun lamanya Mountain Lake Virginia menghilang, pada musim panas tahun ini secara mengejutkan danau ini terisi air lagi.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Mountain Lake merupakan danau air tawar yang berlokasi di Giles County, berada tidak jauh dari Newport, Virginia, Amerika Serikat. Kawasan ini mencakup area seluas 50 Ha (200.0000 meter persegi). Pada abad ke-19 dan ke-20, luas permukaan danau ini berkisar di 1.181 meter. Namun sejak tahun 2002, luas permukaannya terus mengalami penurunan hingga pada tahun 2008 benar-benar kering dan menghilang.

Keberadaan Mountain Lake begitu terkenal di tahun 80-an setelah menjadi latar dalam film Dirty Dancing (1987). Selama sekitar 12 tahun lamanya danau ini menghilang, pada musim panas tahun ini secara mengejutkan Mountain Lake terisi air lagi. Danau yang lebih dari satu dekade hilang kini kembali lagi. Banyak yang bersuka cita menyambut kembalinya danau ini, karena telah bertahun-tahun mengering dan mirip padang rumput.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa fenomena mengeringnya Mountain Lake merupakan salah satu fenomena yang unik. Profesor Roanoke College Jon Cowley menjelaskan, danau ini mengalami siklus titik terendah utama setiap 400 tahun sekali. Saat Mountain Lake mengering, ia membersihkan ekosistemnya dengan memindahkan sedimen yang terkumpul di dasar, sehingga menjadi danau yang lebih besar, lebih dalam, dan tetap bersih.

Kondisi Mountain Lake saat mulai mengering (science.howstuffworks.com).

Tidak jauh dari Mountain Lake, berdiri sebuah hotel yaitu Mountain Lake Lodge yang sekaligus menjadi tujuan wisata. Hotel ini juga menjadi tempat syuting film box office Dirty Dancing (1987) yang dibintangi Patrick Swayze dan Jennifer Gray. Terdapat sebuah kabin yang menjadi tempat Baby atau Jennifer Gray dan keluarganya tinggal, serta gazebo tempat para tamu hotel mengikuti kelas menari bersama pelatih.

Jennifer Gray dan Patrick Swayze mempraktikkan gerakan tariannya yang fenomenal di Mountain Lake. Terhitung sejak mengering total pada 2008, setiap wisatawan yang berkunjung tidak bisa lagi melihat ikon populer dalam film. Oleh karena itu sejak kembali terisi air, banyak penggemar film Dirty Dancing (1987) yang menyerbu tempat ini untuk merasakan nuansa romantis antara Jennifer Gray dan Patrick Swayze.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

2 Peraturan Baru Paspor Indonesia, Kini Berlaku untuk Sepuluh Tahun!

Hongkong Kota Termahal di Dunia dan Kisah Pilu di Balik Julukannya

Danau Natron di Tanzania, Air Neraka yang Cantik Tapi Mematikan

Republik Palau Jadi Negara Pertama yang Larang Turis Pakai Sunblock

The Nautilus Maldives Tawarkan Paket Liburan Sambil WFH, Berminat?

Heart Reef Australia, Area Terumbu Karang Terlarang yang Kembali Dibuka

FALLBACK
The END