El Segundo, Kota Kecil di Los Angels yang Menjadi Tempat Kelahiran Barbie

El Segundo, kota kecil di pesisir California yang menjadi tempat kelahiran Barbie (Instagram/@todayscalifornia).

Siapa tak kenal dengan Barbie, boneka berbentuk wanita dewasa dengan paras yang rupawan ini sangat digemari oleh anak-anak di dunia. Barbie pertama kali diperkenalkan oleh sebuah perusahaan Mattel pada tahun 1959 di El Segundo, Los Angels Country. Sejak kemunculannya pertama kali, Barbie langsung menyita perhatian publik dan menjadi mainan paling populer saat itu.

Berbicara terkait Barbie tak bisa lepas dari kota dimana boneka ini dilahirkan, El Segundo. El Segundo merupakan sebuah kota kecil di Los Angels Country yang terletak di Teluk Santa Monica, California, Amerika Serikat. Nama ‘El Segundo’ berasal dari bahasa spanyol yang bermakna ‘kedua’. Lokasi kota ini cukup terisolir, berada di wilayah pesisir dan jauh dari hiruk-pikuk keramaian.

(Instagram/@fatimaribero.instablog)

Meskipun cukup terpencil namun El Segundo cukup dikenal luas oleh wisatawan. Pantai Dockweiler di El Segundo sering dikunjungi oleh wisatawan asing saat musim panas untuk berjemur atau bersepeda. Terdapat pula Toyota Sports Center, sebuah pusat olahraga dengan fasilitas skating, hoki, dan baket yang sangat baik. Tempat ini juga menjadi lokasi resmi bagi tim bakset NBA profesional lakers dan tim hoki es NHL Loas Angels Kings berlatih.

Kota ini disebut sebagai Mayberry by The Sea karena letaknya yang berada tepat di pesisir laut. El Segundo menyimpan sisi lain tersendiri sebagai sebuah kota Metropolitan meskipun tak seramai New York atau Las Vegas. Pusat Kot El Segundo terdapat beberapa perusahaan yang bergerak di bidang angkasa luar seperti Boeing, Raytheon, Lockheed Martin, Northropp Gumman, dan The Aerospace Corporation.

Meskipun dikenal sebagai kota kelahiran Barbie, namun tak ada hotel atau taman bermain bertema Barbie di El Segundo. Hal ini dikarenakan brand Barbie masih bersifat komersial dan segala bentuk penggunaan dengan atribut Barbie harus memiliki ijin resmi dari pihak pemegang hak cipta yakni Mattel. Satu-satunya galeri Barbie di El Segundo hanya ada di perusahaan Mattel.

Ada fakta tersembunyi yang tidak banyak orang tahu, ternyata Mattel memiliki salah satu cabang perusahaan di Indonesia. Mattel Indonesia berlokasi di Cikarang dan menjadi produsen boneka Barbie terbesar di dunia, jauh lebih besar dari cabang perusahaan Mattel di Malaysia, Thailand, Tiongkok, dan Meksiko.

Dapatkan ulasan menarik tentang california dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar