Sidebar

5 Negara Penjajah yang Pernah Dijajah oleh Negara Lain, Kok Bisa?

Tak banyak yang tahu bahwa beberapa negara penjajah yang terkenal bengis juga pernah dijajah. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah beberapa ulasannya.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sejak akses perdagangan dengan India diblokade oleh Turki Usmani, tidak sedikit bangsa Eropa yang berbondong-bondong menjelajah lautan untuk mencari sumber rempah-rempah baru. Niat awal perdagangan perlahan mulai berganti menjadi hasrat ingin menguasai, lalu lahirlah penjajahan di bumi dengan segala penindasan dan semua penderitaannya.

Indonesia sendiri pernah dijajah oleh beberapa negara, seperti Portugis, Spanyol, Inggris, Jepang, dan yang paling lama adalah Belanda. Tak banyak yang tahu bahwa beberapa negara penjajah yang terkenal bengis juga pernah dijajah. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah beberapa ulasannya.

1. Belanda

(nationalgeographic.grid.id)

Siapa sangka negara Belanda yang menjajah Indonesia selama 350 tahun ini juga sempat dijajah. Ironisnya penjajahan dilakukan pada saat Belanda sedang menjajah nusantara. Abad ke-16, Belanda yang dipimpin oleh klan Hapsburg dijajah oleh Spanyol. Satu abad berlalu, Spanyol kalah dan Perancis mengambil alih Belanda. Pada masa Perang Dunia II, Jerman di bawah kepemimpinan Nazi Hitler juga sempat menguasai Belanda.

2. Amerika Serikat

(travel.dream.co.id)

Amerika Serikat (AS), satu-satunya penjajah dari daratan benua Amerika pun pernah dijajah. AS dahulu merupakan bekas jajahan Inggris yang telah sukses meraih kemerdekaannya pada 4 Juli 1776. Kemerdekaan ini diraih setelah AS dan Inggris terlibat dalam perang revolusi Amerika. Awalnya luas wilayah AS sangat sempit, mencakup 13 wilayah negara bagian yang menjadi koloni Inggris. Ketika lahir, AS langsung menjadi negara adi daya.

3. Perancis

(travel.kompas.com)

Bahkan Perancis yang hebat pun pernah dijajah. Dahulu Perancis sempat menguasai hingga lima persen wilayah di bumi. Napoleon Bonaparte dan para tentaranya dahulu begitu ditakuti. Sayang pada Juli 1940, wilayah Perancis diduduki oleh Jerman saat masa Perang Dunia II. Seiring dengan kekalahan Jerman yang dipimpin oleh Hitler, Perancis lalu segera merebut kembali kemerdekaannya yang direnggut pada tahun 1944.

4. Inggris

(fin.co.id)

Sebelum berdiri gagah seperti sekarang, ribuan tahun lalu Inggris juga sempat menjadi jajahan bangsa Romawi kuno, tepatnya pada tahun 43-410 Masehi. Penjajahan bangsa Romawi terhadap Inggris berlangsung sangat lama, yaitu selama 367 tahun. Tujuan bangsa Romawi kuno menguasai Inggris adalah untuk mendapatkan kekayaan tambang seperti timah dan emas yang saat itu sangat berharga.

5. Belgia

(alowisata.com)

Belgia merupakan negara yang pernah menjajah beberapa negara Afrika, salah satunya Kongo. Tercatat ada tiga negara yang pernah menjajah Belgia di masa lalu, yaitu Spanyol, Perancis, dan Jerman. Ketika itu, wilayah negara Belgia saat ini masih menjadi satu dengan Belanda. Oleh karena itu, penjajahan di tanah Belanda juga berlaku di Belgia. Perang Dunia II saat Jerman kalah, Belgia berhasil merdeka pada tahun 1830.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Hindu di Bali Berbeda dengan Hindu di India? Ini Penyebabnya

Kehidupan Unik Kerajaan Inggris dan Fakta Gila yang Jarang Diketahui

Mendaki Gunung Himalaya Saat Pandemi, Siapkan Uang Rp 72 Juta!

7 Tips Hadapai Resesi, Terus Liburan Tapi Keuangan Tetap Aman

Perancis Menghina Islam, Apakah Negara ini Ramah pada Turis Muslim?

Benarkah Maulid Nabi Terjadi pada 12 Rabiul Awal? Terungkap Faktanya

FALLBACK
The END