facebook pixel

Meski 9 Tarian Daerah Ini Bikin Merinding, Tapi Turis Berbondong-bondong ke Indonesia Untuk Melihatnya

Kamu yang suka melihat tari daerah pasti tahu seberapa mistinya tarian daerah ini.


Indonesia memiliki beragam suku yang memiliki berbagai ritual adat yang berhubungan dengan hal mistis. Tarian sebagai wujud kesenian daerahpun tak luput dengan ritual adat yang berbau mistis.

Meskipun cukup bikin buluk kuduk merinding, namun tarian daerah ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Bisa dibilang, mereka tergila-gila karena ‘hal tak masuk akal’ yang terkandung dalam tarian daerah Indonesia.

Nah, kira-kira tarian mana saja ya yang bikin turis klepek-klepek? Oke check it out! 

1. Tari Kecak Bali

tari mistis daerah

Kamu yang pernah ke Bali pernah melihat tarian ini. Sumber foto

Jika Kamu pernah ke Bali dan mampir ke Uluwatu saat menjelang maghrib, Kamu pasti bakal melihat para pemandangan berbeda. Di Pura Uluwatu akan dipenuhi dengan penari Kecak yang dipenuhi dengan aura mistis.

Suasana mistis ini akan langsung terasa ketika api di sekitar area pertunjukan dinyalakan dan do’a-do’a mulai dibacakan. Klimaksnya adalah ketika para penari mengalunkan suara khas tari Kecak yaitu ‘cak cak’ secara berulang. Meskipun bagi para bule ini adalah hiburan yang luar biasa, sebenarnya tarian ini mengandung intrik magis. Karena selain menjadi hiburan, sebenarnya ini adalah tari yang ditujukan kepada leluhur dan para dewa.

Tak heran, meskipun tujuannya untuk hiburan, tapi masih ada aura magis yang terasa, hanya dengan mendengarkan “musik”nya saja.

2. Tari Sanghyang Jaran

tari mistis daerah

Biasanya mereka para penari menunggangi kuda bohongan untuk melakukan aksi ini. Sumber foto

Tarian Sanghyang Jarang sebenarnya masih menjadi bagian dari Tari Kecak. Karena biasanya dilakukan bersamaan dengan tarian kecak. Namun aura magis dalam tarian ini melebihi tarian kecak.

Tarian ini melibatkan unsur magis yang tinggi karena penarinya dibekali dengan ilmu kekebalan tubuh yang tidak masuk akal jika diterapkan dalam masa modern sekarang ini.

Mereka para penari tidak merasa kesakitan meski menendang bola api, lalu menusuk perut mereka dengan pisau, dan berjalan di atas bara api. Ini yang bikin banyak orang Indonesia merasa bahwa si penari memang sedang dirasuki ruh halus. 

Meskipun seram, namun para turis asing merasa ini adalah keajaiban ini menarik.

3. Tarian Bambu gila yang cukup tak masuk akal tapi bikin bule penasaran

tarian mistis daerah

Penari akan mengikuti ke mana bambu akan bergerak. Sumber foto

“Konon, selain bisa merasuki manusia, makhluk halus bisa merasuki barang-barang di sekitarmu,”

Kata-kata ini mungkin cocok menjadi tarian bambu gila yang sangat fenomenal di dunia. Inti dari tarian ini adalah menari sesuai gerakan si bambu yang telah dirasuki oleh makhluk halus.

Dulu, sebelum tarian ini menjadi tontonan dan hiburan, sebenarnya tarian ini adalah tarian yang telah ada sejak warga Maluku belum mengetahui agama. Mereka melakukan ritual semacam bambu gila untuk melakukan pekerjaan berat. Seperti menarik kapal, perang, dan banyak lagi yang lainnya.

Hem.. meski sarat akan hal mistis, namun banyak turis asing yang tertarik dengan tarian bambu gila saat kunjungi Ternate, Maluku Utara. 

4. Tarian Kuda Lumping yang bikin ngilu dan heran para bule

tarian mistis daerah

Para penari biasanya dibekali dengan kuda bohongan terbuat dari kulit hewan. Sumber foto

Kamu yang tinggal di Pulau Jawa pasti tidak asing dengan tari Kuda Lumping. Biasanya, tarian ini ditampilkan saat ada carnaval.

Tarian ini bukan hanya beraura mistis. Tapi ngeri banget. Mereka para penari (bisa cowok bisa cewek) akan menari dengan kuda bohongan yang terbuat dari kulit binatang. Nah, konon kuda-kuda inilah yang akan menuntun para penari menari dengan luwes. Jadi, kuda bohongan tadi dirasuki oleh ruh kuda.

Selain kuda mistis, para penari juga akan kerasukan. Setelah kerasukan, biasanya mereka akan melakukan hal tak masuk akal, mulai dari makan beling hingga makan arang.

Keunikan dan seramnya tarian inilah yang membuat para wisatawan tergila-gila dengan tarian daerah di Indonesia. Mereka akan bilang “So scary, but It’s amazing!

5. Tari Reog Ponorogo

tarian mistis daerah

Penari akan memakai peralatan yang beratnya melebihi 50 kilo. Sumber foto

Tari Reog Ponorogo sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Hal ini diperkuat dengan serangkaian tarian bercerita yang cukup bikin ngeri. Biasanya tarian ini juga dilengkapi dengan adanya penari jathil atau penari kuda lumping.

Para penari juga ditantang untuk mengangkat properti barong yang beratnya hampir 50 kilo. Coba deh bayangkan siapa yang bisa melakukan ini kalau bukan orang-orang yang punya bekal ilmu kekebalan.

6. Tari Sintren

tari mistis daerah

Sang penari akan disurupi oleh jin penari. Sumber foto

Sintren merupakan tarian khas Jawa Tengah, khususnya daerah Cirebon dan pesisir utara Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Tarian ini dipercaya mengandung unsur magis yang bersumber dari cerita hubungan dua sejoli bernama Sulasih dan Sulandono.

Penari Sintren adalah seorang gadis perawan. Seorang pawang akan memandu jalanna tarian ini dan menuntun gadis masuk ke dalam kurungan aya, yang telah ditutupi oleh kain hitam. Si pawang atau dukun ini akan memanggil ruh Dewi Lanjar atau ruh penari untuk masuk ke dalam tubuh sang penari. 

Biasanya si wanita kan menari sesuai gending Jawa saat kurungan ayam dibuka. Hi.. ngeriii.. 

7. Tari Seblang Banyuwangi yang bikin merinding

tarian mistis daerah

Mereka akan kesurupan. Sumber foto

Di dua desa di Kecamatan Glagah, Banyuwangi yaitu Desa Bakungan dan Olehsari ada sebuah tarian yang cukup bikin merinding. Namanya tari Seblang.

Tarian ini mirip tari sintren di wilayah Cirebon, Jaran Kepang atau Sanghyang di Bali.

Tarian ini merupakan tarian tolak bala yang dipercaya bisa menjadi ketentraman bagi desa. Penari yang dipilih biasanya gadis akil baliq atau malah wanita usia 50 tahunan ke atas yang telah mati haid. Penari-penari ini dipilih langsung oleh seorang dukun setempat.

Saat menari, suasana akan terasa mencekam karena sang penari seperti dimasuki oleh makhluk halus. Pertunjukan ini sering menjadi tontonan wisatawan baik lokal maupun internasional.

8. Tari Salai Jin, tarian pemanggil jin

tarian mistis daerah

Para penarinya konon kesurupan. Sumber foto

Tarian Salai Jin biasanya membuat para penarinya mengalami kesurupan. Tarian khas Ternate, Maluku Utara ini konon menjadi jalan untuk berkomunikasi dengan para jin, makanya nama taraian ini dinamai Salai Jin. Dulu, tarian ini menjadi cara terbaik untuk meminta bantuan untuk menyelesaikan permasalahan.

Uniknya, jumlah penari Salai Jin ini juga harus genap, karena jika ganjil maka dianggap mendatangkan musibah. Mereka yang melakukan tarian ini biasanya adalah orang-orang yang telah berbekal dengan ilmu gaib.

Nggak hanya alamnya yang indah, keunikan tarian tradisional Ternate ini bisa jadi daya tarik wisatawan. Dari dalam pun luar negeri.

9. Tari Calon Arang, tarian kekebalan dari Bali

tarian daerah

Tahun 2015 yang lalu dalam pagelaran tari ini sang penari mengalami kecelakaan tertusuk keris karena kurangnya persiapan alam nyata dan alam gaib. Akibatnya sang penari meninggal. Sumber foto

Bali memang terkenal dengan tariannya, tapi kebanyakan tariannya berbau mistis dan misterius. Nah, tari Calon Arang adalah salah satu contohnya.

Hal yang bikin merinding saat menonton tari Calon Arang adalah waktu di mana seorang Rangda melakukan prosesi ditusuk-tusuk benda tajam.

Rangda ini dipercaya telah dirasuki sehingga ia kebal dengan benda tajam. Bahkan tergores sedikitpun tak bisa. Hem..Meski bikin ngilu. Kalau Kamu lagi jalan-jalan di Bali dan sedang ada pertunjukkan Calon Arang, beranikah menyaksikan pertunjukan seni ini? 

***

Indonesia memang amazing banget. Yap, karena ilmu gaib yang masih kental, semuanya menjadi mungkin. Tarian tradisional yang beragam ini menjadi bukti bahwa Indonesia adalah negara yang nggak hanya kaya akan kecantikan alamnya saja namun juga ragam budaya yang luar biasa memesona. 

Kira-kira di daerahmu ada tarian daerah yang serem gitu nggak? Yuk share di kolom komentar di bawah ini. 

Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di Phinemo:

banner experience