Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Ayah Bersama Keluarga

“Yang perlu diingat, kita berawal dan berakhir bersama keluarga. Jadi, nikmatilah sisa waktu yang ada bersama mereka”

Membuat sebuah rencana perjalanan bersama keluarga menjadi berkesan bukanlah hal yang mudah. Anggota yang tak sedikit kadang membuat sebagian orang ogah untuk liburan bersama keluarga. Umur yang tak sama kadang membuat perjalanan begitu repot. Yah, begitulah cobaan bagi orang-orang yang melakukan family trip.

Jangan menyerah! Karena kami memiliki rekomendasi spot menarik yang bisa menjadi salah satu pilihan melakukan family trip. Spot menarik ini ada di Kebumen, tepatnya di Pantai Logending, Kecamatan Ayah. Yang sering disebut dengan Pantai Ayah.

1. Kamu bisa camping ceria bersama keluarga

Beberapa waktu yang lalu, kami telah menulis beberapa manfaat camping bersama keluarga. Selain menambah eratnya kekeluargaan, camping juga bermanfaat bagi sistem imun dan motorik anak.

Di Pantai Ayah, wisatawan bisa mendirikan tenda di area bumi perkemahan yang tidak jauh dari pantai. Kamu bisa merasakan segarnya alam di Pantai Ayah bersama keluarga di area perkemahan.

Bawalah hammock agar anggota keluarga bisa menikmati camping dengan santai sambil berayun-ayun.

2. Naik ATV bersama anak

A post shared by sofyan (@sofyan_kurniawant) on


Keramaian Pantai Ayah sedikit mirip dengan Pantai Parangtritis Jogja. Selain main di pasir berwarna hitam, anak-anak juga bisa Kamu ajak naik ATV yang telah disediakan oleh pengelola. Anak-anak tidak akan bosan untuk berlama-lama berada di pantai ini tentunya.

Kamu bisa ikut serta menemani anak naik ATV atau hanya melihat mereka dari pinggir pasir. Pasti asik banget, bukan?

3. Menyusuri keindahan pantai di atas jembatan sepanjang 554 meter di atas laut

A post shared by ARGA (@argaagra_) on


Di Pantai Ayah ada sebuah jembatan di atas lautan yang menjulur hingga 554 meter. Saat senja Kamu bisa bersantai bersama anggota keluarga melihat proses terbenamnya matahari.

Letak Pantai Ayah yang diapit oleh dua pegunungan akan menambah manisnya waktu santai bersama keluarga kala senja.

4. Naik perahu bersama keluarga menyusuri sungai dekat pantai

A post shared by Sahlul Fuad (@sahlulfuad) on


Pantai Ayah dekat dengan Sungai Bodo yang menjadi pembatas wilayah Cilacap dan Kebumen. Saat berada di Pantai Ayah, Kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk menyewa perahu untuk menyusuri muara Sungai Bodo yang tenang.

Yang paling bikin kangen, segarnya angin dan rimbunnya pepohonan bakau di tepian sungai. Hutan jati milik perhutani juga semakin menambah suasana asri saat menyusuri sungai ini dengan perahu tradisional warga setempat.

5. Kamu bisa mengajak keluargamu melihat ubur-ubur secara langsung lho!

pantai ayah

Wah, bisa ajak anak ketemu dengan ubur-ubur. Sumber foto

Di area Pantai Ayah ada tempat penangkaran ubur-ubur. Tempat ini beroperasi setiap hari. Kamu dan keluarga bisa mampir untuk melihat-lihat uniknya ubur-ubur laut. Tapi hati-hati ya, jangan terlalu dekat, nanti tersengat ubur-ubur.

Tempat ini tentu bisa menjadi salah satu opsi untuk mengenalkan anak tentang berbagai macam biota laut. Anak-anak tidak akan bosan dan teredukasi.

6. Coba deh, kunjungi pasar pelelangan ikan. Kamu bisa memilih seafood favoritmu, lalu mengolahnya langsung! Yummy!

A post shared by Pak Chi (@inoe420) on


Jika Kamu datang ke Pantai Ayah jangan lupa untuk mengunjungi pasar lelang ikan yang selalu beroperasi setiap hari. Di sini Kamu bisa mengajak anak untuk memilih menu seafood favoritnya sendiri.

Harga yang diberikan tidak akan semahal di supermarket dan bisa menjadi alternatif bagus ketika Kamu ingin mendapatkan ikan segar dengan harga murah.

Kamu bisa memasak sendiri dipinggir pantai atau meminta bantuan warga setempat untuk diolah dan dinikmati dipinggir pantai. Hmmm.. yummy!

7. Menunggang kuda di sepanjang pantai bersama anak

A post shared by Eka listianingsih (@ekalistia.dika) on


Di Pantai Ayah ada banyak sekali kuda yang disewakan untuk menjadi teman saat ingin jalan-jalan di pinggir pantai. Kamu bisa menyewa seekor kuda untuk diajak jalan-jalan bersama anak.

Kamu tidak akan capek berjalan untuk menikmati keindahan pantai yang terkenal di Kebumen ini.

8. Tua atau pun muda bebas bermain air sepuasnya

A post shared by aong? (@aong_ym) on

Namanya juga pantai, wisatawan pasti ingin merasakan kesegaran bermain di laut lepas. Kamu bisa mengajak keluarga berenang di laut lepas atau berlarian di atas pasir hitam Pantai Ayah.

Nggak usah khawatir mau mandi di mana karena di sini sudah banyak kamar mandi untuk bilas. Kamu hanya tinggal mempersiapkan pakaian ganti untuk anggota keluarga sebelum memutuskan untuk nyemplung ke Pantai Ayah.

9. Menikmati rimbunnya hutan mangrove bersama keluarga

A post shared by Dedi GR (@dedigunandar) on

Tidak jauh dari Pantai Ayah, terdapat hutan mangrove lho. Di sini Kamu dan keluarga bisa berjalan-jalan menyusuri hutan mangrove di atas jalanan kayu yang telah dibuat oleh pengelola. Ada juga gazebo yang cukup besar dan bisa dijadikan tempat beristirahat.

Jangan lupa untuk berfoto bersama sebelum pergi dari spot ini karena tempat ini benar-benar indah.

***

Perjalanan menuju Pantai Ayah sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyusuri jalan Jogja-Cilacap untuk sampai di lokasi. Jika Kamu berangkat dari Kebumen kota, Kamu harus menyusuri jalan sepanjang 53 Km. Tapi kalau dari Gua Jati Jajar Kamu hanya perlu melewati jalanan sepanjang 8 Km.

Baca juga tips dan rekomendasi spot liburan keluarga di bawah ini;

 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar