Sidebar

7 Kota Sejuk di Indonesia ini Cocok Untuk Tempat Refreshingmu

Inilah beberapa kota sejuk di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi liburanmu akhir pekan nanti, cocok untuk segarkan badan dan pikiran!

SHARE :

Ditulis Oleh: Faiz Abi

Indonesia saat ini sedang berada di cuaca yang panas-panasnya dan membuat gerah. Kamu tak perlu bingung bagaimana caranya untuk kabur dari cuaca panas tersebut, apalagi sampai harus pergi ke luar negeri. Di Indonesia banyak kota-kota sejuk yang sanggup menyegarkan badan dan pikiranmu.

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat wisata yang menawarkan berbagai macam suasana. Dari yang bernuansa, air, sampai wisata yang menawarkan suasana sejuk ala pegunungan. Wisata-wisata pegunungan tersebut cocok untuk menjadi destinasi liburanmu yang ingin menyegarkan badan dan pikiran.

Berikut adalah beberapa  kota di Indonesia yang memiliki hawa sejuk:

1. Menikmati hangatnya kopi dari atas awan di Bandungan

Ngopi bersama kesejukan alam. Foto oleh wa_bu.

Kopi menjadi satu minuman yang sedang tren setelah rilisnya film Filosofi Kopi yang dibintangi Rio Dewanto dan Chicco Jericho. Mungkin Kamu juga menjadi penikmat kopi gara-gara film itu.

Tapi pernahkah terbayang, bagaimana rasanya menikmati secangkir kopi dari atas awan?

Umbul Sidomukti menawarkan sensasi mengopi dengan suasana atas awan. Terletak di lereng Gunung Ungaran yang mempunyai hawa sejuk akan melengkapi kenikmatan mengopimu. Tak hanya kopi, Kamu juga bisa menikmati beraneka macam gorengan yang panas yang menjadi pelengkap acara ngopimu. Kopi panas, gorengan panas, dan suasana sejuk pegunungan merupakan kombinasi yang sempurna.

Berfoto dengan latar awan juga bisa. Foto oleh novenda16.

Karena letaknya di lereng Gunung Ungaran yang tentunya berada di ketinggian, Umbul Sidomukti menawarkan latar berfoto yang indah. Dengan latar berupa awan dan pemandangan Kota Ungaran di bawahnya, menjadi spot favorit bagi pengunjung yang datang.

Kamu juga bisa berenang. Foto oleh alwanbrilian.

Umbul Sidomukti juga menyediakan beberapa fasilitas yang bisa Kamu coba untuk mengisi liburanmu;  wisata outbond, berkeliling menggunakan kuda, dan berenang. Kolam renang berdinding batu-batuan menjadikan air yang ada di dalam menjadi semakin dingin dan segar. Pastikan badan Kamu sedang dalam kondisi yang sehat sebelum Kamu menceburkan diri ke sini.

2. Menikmati hangatnya mie ongklok Dieng

Kawah Sikidang, Dieng. Foto oleh putriprativi.

Kota Sejuk yang kedua adalah dataran tinggi Dieng. Dataran tinggi yang mempunyai suasana sejuk ini mempunyai banyak tempat wisata yang mungkin belum Kamu ketahui, seperti Kawah Sikidang, Candi Arjuna, dan masih banyak lagi.

Di Kawah Sikidang Kamu bisa menyaksikan aktivitas vulkanik dari kawah yang merupakan letusan dari gunung di sekitar Dieng. Kamu akan merasa sedikit panas jika berada di sekitar kawah, namun karena cuaca di Dieng yang sejuk dan dingin, maka Kamu akan menemukan kehangatan yang pas di tubuh.

Bergaya di Telaga Warna. Foto oleh vavaauliaa.

Tempat lain yang bisa Kamu nikmati di Dataran Tinggi Dieng adalah Telaga Warna. Konon, air di Telaga Warna dapat berubah-ubah warnanya. Hal tersebut karena air di Telaga Warna mengandung sulfur yang jika terkena matahari akan memantulkan warna berbeda-beda. Kamu bisa menjadikan Telaga Warna sebagai spot berfoto karena pemandangan alamnya yang cantik.

Mie khas dari Wonosobo. Foto oleh thoms.edison.

Dieng juga mempunyai kuliner unik dan hanya ada di wilayah Wonosobo dan sekitarnya, yaitu Mie Ongklok. Menikmati mie ongklok dan dikelilingi dengan suasana yang dingin dan sejuk akan jadi pengalaman berkesan, Kamu wajib coba!

3. Berfoto bersama kendaraan-kendaraan zaman dulu di Batu, Malang

Museum angkut Malang yang fotogenik. Foto oleh cakegita.

Menjadi salah satu tempat yang naik daun sejak dibangunnya Jawa Timur Park, Batu menawarkan aneka ragam wisata. Suasana Batu yang sejuk dan dingin, akan membuat lelahmu hilang.

Salah satu wisata favorit di kota sejuk Batu ini adalah Museum Angkut. 

Museum Angkut memajang berbagai macam alat transportasi di seluruh dunia dari masa ke masa. Memberikanmu informasi tentang perkembangan moda transportasi dunia. Tak hanya itu, mobil-mobil seperti milik Vin Diesel di serial Fast and Furious juga bisa Kamu temukan di sini.

Bersantai di atas sangkar burung. Foto oleh ayunie200386.

Selain Museum Angkut, wisata alam Batu juga menarik dikunjungi.

Jika Yogyakarta mempunyai Lintang Sewu, maka di kota sejuk Batu mempunyai Taman Langit. Sama-sama merupakan destinasi wisata keluarga yang berada di atas bukit. 

Banyak spot foto yang bisa Kamu gunakan untuk berfoto.  Dengan latar pepohonan yang rindang, dihiasi oleh hamparan awan yang ada, dan terkadang juga ditemani oleh embun akan menjadikan liburan keluargamu di sini menjadi hal yang tidak terlupakan.

4. Menikmati indahnya kebun teh di Karanganyar

Kesejukan Kebun Teh di Ndoro Dongker. Foto oleh lusitania_pramusinta.

Di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, terdapat sebuah tempat makan bernama Ndoro Dongker. Tak sekadar menyajikan makanan, Ndoro Dongker juga menawarkan suasana perbukitan kebun teh dan terbuka, sehingga udara sejuk akan langsung terasa.

Candi Cetho Karanganyar. Foto oleh akahasan12.

Jika Kamu berjalan sedikit dari Ndoro Dongker, Kamu akan tiba di lereng Gunung Lawu yang juga mempunyai tempat wisata bernama Candi Cetho. Gapura Candi Cetho sekilas mirip dengan Pura Lempuyang Luhur yang berada di Bali.

Jika berniat ke sini, pastikan kondisi tubuh Kamu dalam keadaan fit karena kondisi jalan yang menanjak akan membuat tubuh lelah.

Grojogan Sewu. Foto oleh thamcy_cy.

Kemudian, ada pula ikon Karanganyar yang sudah cukup populer, yaitu air terjun Grojogan Sewu.

Grojogan Sewu menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Karanganyar. Airnya yang segar, ditambah dengan udara yang dingin, mampu membuatmu lupa sejenak segala beban pekerjaan,

Di sekitar air terjun ini juga terdapat kolam renang yang airnya berasal dari air mata pegunungan.

5. Keindahan crop circle persawahan: Ruteng, NTT

Crop Circle di sawah Ruteng. Foto oleh dianafn.

Ruteng menjadi salah satu kawasan wajib kunjung di Flores jika Kamu mengidamkan kesejukan. Ruteng mempunyai udara yang sejuk dan pemandangan yang indah pula. Ada kecantikan panorama Sawah Lingko yang berbentuk seperti jaring laba-laba, cocok untuk menghiasai feed Instagram Kamu. 

Rumah adat Mbaru Niang dari kejauhan. Foto oleh Vivi Suciana/Kontributor Phinemo.com

Jika Kamu penyuka petualangan, cobalah trekking ke Wae Rebo. Wae Rebo adalah perkampungan tradisional yang mempunyai rumah adat  berbentuk kerucut bernama Mbaru Niang. Tempat ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas laut.

Di malam hari, Kamu bisa melihat dengan jelas langit yang bertaburan bintang.

Jangan lupa juga untuk menyesap kopi khas Wae Rebo.

6. Bersantai di Tepian Danau Toba di Paropo, Sumatera Utara

Jadi spot favorit buat camping. Sumber foto.

Tempat ini menjadi salah satu tempat strategis dan asyik untuk sekadar duduk santai sambil menikmati keindahan Danau Toba. Ditemani angin sepoi-sepoi dan udara yang sejuk, Kamu pasti betah tinggal lama di Paropo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Selain untuk bersantai menikmati Danau Toba, destinasi yang fotogenik ini juga sering dijadikan wahana buat hunting foto.

Mirip Ranu Kumbolo kan? Sumber foto.

Camping tak harus selalu di gunung, tapi bisa juga di tepi pantai atau danau. Seperti di Paropo ini, banyak wisatawan yang sering camping di area tepi danaunya. 

Selama camping di sini, Kamu akan disuguhi sebuah pemandangan alam yang menakjubkan.

Di satu sisi tenda Kamu bisa melihat hamparan Danau Toba, sedang di sisi lain Kamu akan melihat jejeran perbukitan yang tak akan pernah bosan untuk dinikmati.

 

7. Pesona Jam Gadang: Bukittinggi, Sumatera Barat

Jam Gadang di malam hari. Foto oleh rahmad.danil.

Kota sejuk yang ada di Bukittinggi, Sumatera Barat ini menjadi salah satu destinasi yang mempunyai banyak tempat wisata dengan udara yang sejuk dan dingin.

Salah satu spot wisata yang terpopuler di sini tentu saja Jam Gadang. Kamu dapat masuk ke dalam menaranya untuk menikmati panorama Kota Bukittinggi.

Tabiang Takurung. Foto oleh robbydaddyrock.

Tidak jauh dari Jam Gadang, sekitar 20 menit berkendara, Kamu bisa menemukan sebuah kafe bernama Taruko Cafe Resto. Kafe ini sangat unik karena berada di lembah dan dikelilingi bukit-bukit hijau. Kamu bisa menikmati indahnya alam di sini sambil menyesap kopi atau teh.

Selain itu, disediakan juga sebuah perahu kano untukmu mengisi waktu luang. Kamu bisa memanfaatkan perahu tersebut untuk berkeliling kolam.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Candi Terbesar di Indonesia Pernah Runtuh dan Terbengkalai, Kok Bisa?

Menengok Kemeriahan Festival Gedong Songo Pertama di Kabupaten Semarang

Panduan Memilih Paket Wisata Dieng

10 Destinasi Wisata Dieng 2018 yang Bisa Anda Kunjungi

Syarat Jadikan Rumah Penduduk sebagai Homestay di Dieng Ternyata Ribet

Kata Orang Dieng tentang Fenomena Embun Upas yang Mirip Salju di Daratan Eropa

FALLBACK
The END