Kiat Cermat Hindari Kehabisan Tiket Kereta Jelang Lebaran

Bakal ada kereta api! Wow.. Sumber foto

Kereta api sejak dulu merupakan salah satu moda transportasi andalan masyarakat dari segala kalangan. Ular besi ini menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jauh. Bicara soal pulang kampung, orang-orang umumnya juga memilih kereta api untuk mengantar mereka pulang. Stasiun kereta adalah salah satu tempat yang menyimpan banyak cerita bagi orang yang pulang kampung.

kereta api indonesia

Jangan sampai kehabisan tiket kereta lebaran!

Begitu pun halnya mudik. Kereta api masih menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin mudik menyambut Lebaran atau sekadar jalan-jalan mengunjungi destinasi wisata. PT KAI mencatat jumlah penumpang kereta api mencapai 5,8 juta orang dalam periode mudik Lebaran tahun 2017. Angka tersebut naik 7% dari periode sebelumnya.

Menjelang masa mudik bulan Juni nanti, tentunya tiket kereta api menjadi rebutan masyarakat. Apabila sudah berencana untuk pulang naik kereta pada waktu tersebut, maka kita memerlukan strategi khusus agar tidak kehabisan tiket. Untuk itu, berikut ini mari kita sama-sama membongkar kiat cermat berburu tiket kereta jelang Lebaran.

Baca juga: Tips memilih kursi kereta perjalanan jarak jauh

Rencanakan keberangkatan dari jauh-jauh hari

Semakin dekat musim ramai, tentunya semakin banyak orang yang memperebutkan tiket kereta. Untuk itu, kita sebaiknya sudah merencanakan keberangkatan dari jauh-jauh hari. Pilih tanggal keberangkatan yang pas, setidaknya sejak 2 – 3 bulan sebelum hari H Lebaran. Setelah menentukan tanggal keberangkatan, kita pun bisa lebih cepat melakukan persiapan.

Pesan tiket kereta sebelum peak season

Setelah menetapkan tanggal keberangkatan, kita bisa langsung memesan tiket. Pesanlah tiket sedini mungkin agar tidak kehabisan. Semakin jauh dari peak season, semakin baik. Pemesanan tiket kereta mudik biasanya tersedia resmi mulai dari H-90 Lebaran. Oleh karena itu, calon penumpang disarankan untuk memesan tiket kereta mudik sejak 3 bulan sebelum keberangkatan.

Puncak paling ramai pemesanan tiket kereta biasanya terjadi sepanjang H-10 hingga H+10 Lebaran. Hindari memesan tiket dan berangkat pada waktu tersebut, atau kita akan berakhir kehabisan tiket kereta bahkan batal mudik.

Andalkan beberapa gawai sekaligus untuk memesan tiket

Pada masa kini, pemesanan tiket kereta api sudah bisa dilakukan menggunakan gawai sendiri. Kita tinggal pasang aplikasi pemesanan online tiket kereta api di ponsel pintar, lalu lakukan pembelian. Mengingat saat musim ramai biasanya akan banyak orang yang juga berebut memesan tiket kereta, maka ada baiknya kita bersiap-siap dengan melakukan pemesanan tiket melalui beberapa gawai sekaligus.

Siapkan ponsel, laptop, atau komputer Anda, dan ajak keluarga serta kerabat untuk turut menyiapkan gawainya. Lakukan pemesanan tiket secara bersamaan untuk rute dan waktu keberangkatan yang sama, baik pada satu atau beberapa aplikasi atau situs booking online. Dengan cara ini, kita memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan tiket.

Baca juga: Cara membatalkan tiket kereta api yang belum banyak orang tahu

Rajin mencari tahu cara pesan tiket kereta yang paling efektif

Biasakan untuk rajin mencari informasi tentang cara memesan tiket kereta yang paling efektif. Info seperti ini banyak tersedia di internet. Salah satu cara paling efektif yang bisa kita andalkan saat ini adalah menggunakan Traveloka App. Aplikasi ponsel yang dihadirkan oleh Traveloka selaku agen travel online Tanah Air tersebut menghadirkan tiga fitur canggih yang semakin memudahkan penggunanya dalam melakukan pemesanan tiket kereta.

Fitur tersebut adalah Passenger Quick Pick, Kartu Saya (My Cards), dan Saldo UANGKU. Passenger Quick Pick memastikan kita dapat mempercepat pengisian data penumpang karena sistem Traveloka akan menyimpan data yang dimasukkan, sehingga saat membeli tiket, kita tidak perlu lagi sibuk mengisi data penumpang yang banyak.

Kartu Saya mempersingkat transaksi bagi pengguna yang ingin melakukan pembayaran dengan kartu kredit. karena Traveloka dapat menyimpan hingga tiga data kartu kredit kita, selagi tetap menjamin keamanannya. Sementara itu, fitur Saldo UANGKU merupakan metode pembayaran online baru di Traveloka yang praktis, karena memungkinkan pengguna untuk mengisi saldo di Traveloka—dengan limit maksimal Rp1 juta—untuk digunakan saat bertransaksi. Dengan begini, pembayaran menjadi lebih efektif karena hanya tinggal klik dan klik!

Siapkan tanggal keberangkatan cadangan

Hal yang juga tidak boleh terlupa adalah mempersiapkan rencana cadangan. Pastikan kita memiliki tanggal keberangkatan cadangan untuk berjaga-jaga apabila tiket untuk tanggal keberangkatan utama ternyata sudah ludes diserbu orang lain. Apabila sudah menyiapkan tanggal cadangan ini sedari awal, tentunya kita tinggal menggeser waktu keberangkatan saat tengah berburu tiket kereta api dan tak perlu khawatir batal mudik.

Itulah lima kiat cermat yang bisa dilakukan untuk memastikan kita tetap mendapatkan tiket kereta api menjelang Lebaran. Musim mudik sudah semakin dekat, maka segeralah lakukan kiat ini dan cek berbagai online travel agent seperti  Traveloka untuk mendapatkan tiket kereta api mudik dengan cepat, mudah, dan aman.

Dapatkan ulasan menarik tentang Kereta Api dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar