Kanguru Pohon Papua, Hewan Lucu yang Sempat Menghilang 90 Tahun

Kanguru pohon yang diduga telah punah sejak lebih dari 90 tahun lalu (www.thesun.co.uk).

Tak hanya di Benua Australia, kanguru yang merupakan spesies hewan berkantung yang suka melompat juga dapat ditemukan di wilayah Papua, Indonesia. Kanguru Papua memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan kanguru di Benua Australia. Kanguru papua dibedakan dalam dua kelompok yaitu kanguru tanah (Thylogale) dan kanguru pohon (Dendrogalus).

Tahun 2017 lalu spesies kanguru pohon (Dendrolagus mayri) yang diduga telah punah ditemukan kembali. Kanguru pohon ini merupakan spesies kanguru paling langka di dunia. Ditemukan pertama kali pada 1928 oleh ahli biologi evolusi Ernest Mayr di Pegunungan Wondowoi, Papua Barat. Saat itu Mayr menembak kanguru pohon yang diduga satu-satunya di alam dan mengirimnya ke Natural History di London. Sejak penemuan di tahun 1928, tak ada lagi laporan terkait keberadaan kanguru pohon ini.

Baca juga Rumah Unik Khas Papua Barat.

Setelah hampir satu abad berlalu, kanguru pohon kembali ditemukan oleh Michael Smith tahun 2017. Saat pertama kali ditemukan kanguru pohon sedang bertengger di atas pohon yang tertutup oleh lebatnya belukar bambu dengan ketinggian 1500-1700 meter di Pegunungan Wondowoi, Papua Barat.

Kanguru pohon memiliki warna bulu perpaduan antara merah kecoklatan dan emas. Memiliki berat tubuh berkisar 16 Kg dengan sebagian besar hidupnya dihabiskan di atas pohon. Sesekali turun ke tanah untuk mencari air minum.

Baca selengkapnya Ikan terbesar di Dunia di Teluk Cendrawasih, Papua.

Dapatkan ulasan menarik tentang papua dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar