Ikan Terbesar Di Dunia Ada di Indonesia, Berani Pegang?

Hiu Paus Ikan Terbesar di Dunia (Instagram/@nabirewhaleshark)

Tahukah kamu kalau di Indonesia terdapat spesies ikan terbesar di dunia? Ya, spesies tersebut adalah Hiu Paus (Rhyncodon typus). Spesies ini memiliki rata-rata ukuran tubuh 9,7 meter dengan berat 9 ton. Hiu paus hidup mengembara di perairan Samudera Pasifik dan lautan beriklim hangat. Di Indonesia hiu paus dapat ditemukan di Papua, Maluku, Sabang, Sulawesi Utara, Bali, Nusa Tenggara, Situbondo, dan Probolinggo. Baca selengkapnya tentang ikan purba di Indonesia.

Hiu paus dapat hingga usia 70 tahun. Keberadaannya diduga sudah ada sejak 60 juta tahun lalu. Hiu paus memakan plankton di lautan dengan menyaring air di mulutnya. Karena bukan predator hiu paus cenderung jinak dan dapat diajak berinteraksi secara langsung.

Tempat yang paling tepat untuk menemui hiu paus adalah di Teluk Cendrawasih, karena disini hiu Paus dapat ditemui sepanjang tahun. Selain itu kawasan Teluk Cendrawasih masuk dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC) sehingga terlindungi dan terjaga kebersihan perairannya. Baca selengkapnya tentang budaya papua.

Keberadaan hiu paus di Teluk cendrawasih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang berbondong-bondong menuju Teluk Cendrawasih untuk bisa berfoto dan berinteraksi dengan ikan terbesar ini. Berinteraksi dengan hiu paus dapat kamu lakukan dengan diving atau melihatnya dari atas perahu.

(Instagram/@nabirewhaleshark)

Bagi kamu yang berniat melihat hiu paus di Teluk Cendrawasih harus memperhatikan hal-hal berikut demi keamanan.

  1. Jumlah perahu/kapal yang berada di habitat hiu paus harus dibatasi dan telah memiliki ijin resmi dari pengelola.
  2. Kecepatan perahu/kapal saat mendekati kelompok hiu paus dibatasi 1 knot dengan jarak 1 mill dan 2 knot dengan jarak 50 meter.
  3. Perahu/kapal berhenti pada jarak minimal 30 meter dari kelompok hiu paus.
  4. Jumlah maksimal diving/swimming dengan hiu paus adalah 7 orang; 6 orang wisatawan dan 1 pemandu.
  5. Pemandu masuk air terlebih dahulu secara perlahan kemudian diikuti oleh wisatawan.
  6. Durasi maksimal interaksi dengan hiu paus saat diving/swimming adalah 15 menit setiap grup.
  7. Durasi melihat hiu paus adalah 60 menit setiap perahu/kapal.
  8. Tidak boleh memegang hiu paus.
  9. Tidak boleh memotret dengan menggunakan flash kamera.
  10. Tidak boleh memberi makan hiu paus.
  11. Wisatawan harus mengikuti semua arahan dari pemandu.

Bagi kamu yang sudah belum punya referensi liburan untuk akhir pekan bisa mengunjugi Teluk Cendrawasih di Papua. Perlu diperhatikan bahwa hiu paus adalah spesies langka yang hampir punah, oleh karena itu ikutilah semua arahan pemandu untuk menjaga kelestarian ikan terbesar ini.

Dapatkan ulasan menarik tentang papua dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar