Jalur Pendakian Sumbing Ditutup Menyambut Libur Lebaran

Jalur pendakian Gunung Sumbing akan ditutup selama seminggu selama libur lebaran 2019. Terhitung mulai 1-7 Mei 2019 (instagram/@grasindo_sindoro).

Jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung, Desa Butuh, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo akan ditutup selama satu minggu terhitung tanggal 1-7 Juni 2019 dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. Bagi anda yang berniat melakukan pendakian di Gunung Sumbing saat libur lebaran ini sepertinya harus berbesar hati untuk mengubah rencananya.

Berita terkait penutupan jalur pendakian ini disampaikan oleh Satuan Induk Bocah-Bocah Karang Taruna Pecinta Alam (Stick Pala) melalui surat edaran bernomor 09/BC.GS/V/2019. Dalam surat yang ditandatangani oleh ketua Stick Pala pada 18 Mei 2019 tersebut, jalur pendakian Gunung Sumbing akan dibuka kembali pada Sabtu, 8 April 2019.

Penutupan jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung ini dilatarbelakangi karena semua anggota Stick Pala selaku petugas pengelola jalur pendakian diliburkan agar bisa merayakan Idul Fitri bersama keluarga masing-masing. Penutupan jalur pendakian Gunung Sumbing saat momen libur Idul Fitri tahun ini merupakan yang pertama, dan rencananya akan diterapkan setiap tahunnya.

Tahun-tahun sebelumnya jalur pendakian Gunung Sumbing tetap dibuka saat Idul Fitri, namun ditemukan seorang pendaki yang cedera saat malam takbiran. Kejadian tersebut menjadi evaluasi bagi Stick Pala selaku pengelola. Oleh karena itu untuk menghindari hal yang tak diinginkan maka pihak pengelola sepakat untuk menutup jalur pendakian saat Idul Fitri mulai tahun ini.

Pihak pengelola melarang siapa saja yang datang untuk melakukan pendakian Gunung Sumbing, meskipun sudah terlanjur datang di Basecamp. Meskipun demikian, tak semua gunung di Indoensia menutup jalur pendakiannya saat libur Idul Fitri misalnya Gunung Bromo. Anda bisa memilih paket wisata ke Gunung Bromo di Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang gunung sumbing dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar