Jalur Pendakian Sumbing via Butuh Buka, Meski Nepal Van Java Tutup

Jalur pendakian Gunung Sumbing via Butuh di Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dibuka meskipun Dusun Butuh yang dijuluki Nepal Van Java tutup.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Jalur pendakian Gunung Sumbing via Butuh di Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tetap dibuka meskipun Dusun Butuh yang dijuluki sebagai Nepal Van Java tutup. Kuota pendakian Gunung Sumbing setiap harinya maksimal hanya 100 orang saja. Para pendaki juga harus sudah mendaftar secara online di akun Instagram @reg.symphonysumbing.id.

Pelayanan registrasi di basecamp dapat dilakukan pukul 07.30-21.00 WIB, basecamp ditutup pukul 22.00 WIB. Waktu pendakian Gunung Sumbing via Butuh maksimal hanya satu malam. Para pendaki wajib untuk turun dari Gunung Sumbing paling lambat pukul 18.00 WIB sudah sampai basecamp. Pendaki juga harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Rombongan pendaki maksimal delapan orang, jika hanya dua orang laki-laki dan perempuan, harus memiliki ikatan keluarga dan tinggal di alamat yang sama. Dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP). Usia minimal peserta pendakian adalah 15 tahun. Apabila usianya kurang dari 15 tahun, maka pendakian harus dilakukan dengan orang tua atau pendamping.

Pemandangan Gunung Sumbing di Dusun Butuh (solopos.com).

Nepal Van Java Ditutup Sementara

Sementara itu, Dusun Butuh atau terkenal sebagai Nepal Van Java ditutup sejak Senin (19/10/2020) karena sedang dilaksanakan kegiatan kerja bakti, penertiban, penataan, dan penyesuaian biaya retribusi tiket masuk wisata. Sebelumnya Dusun Butuh di sempat viral di media sosial karena dianggap mirip dengan pemukiman Nepal di kaki Pegunungan Himalaya.

Dusun Butuh terletak di lereng paling utara Gunung Sumbing, berada di ketinggian 1.700-an mdpl. Panorama alam di Nepal Van Java sangat indah dengan udara yang sejuk. Terdapat sebuah sungai yang mengalir, seolah membagi Dusun Butuh menjadi dua. Beberapa rumah berdiri bertingkat dengan rapi di sepanjang lereng utara Gunung Sumbing.

SHARE :



REKOMENDASI

ARTIKEL KEREN PALING BARU