Sidebar

Empat Festival Selama Lebaran yang Akan Semarakkan Suasana Idul Fitri di Penjuru Indonesia

Tahun ini, setidaknya ada empat festival selama lebaran yang akan dilangsungkan secara meriah di berbagai kota Indonesia. 

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Setiap daerah selalu memiliki cara yang berbeda dalam menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Fitri, dengan beragam acara yang khas. Salah satunya dengan menggelar festival atau pesta rakyat. Tahun ini, setidaknya ada empat festival selama lebaran yang akan dilangsungkan secara meriah di berbagai kota Indonesia.

Apa saja festival selama lebaran tersebut? Berikut ulasannya:

1. Barong Ider Bumi (Banyuwangi)

Barong Ider Bumi, salah satu alternatif menikmati libur lebaran di Banyuwangi. Foto: ngopibareng.id

Barong Ider Bumi adalah ritual bersih desa yang digelar oleh masyarakat Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Ritual bersih desa ini dilakukan setiap tanggal 2 Syawal. Ritual ini ternyata sudah berusia ratusan tahun.

Dalam ritual Barong Ider Bumi, sosok barong yang dipercaya oleh masyarakat sebagai makhluk mitologi penjaga desa akan di arak keliling Desa Kemiren oleh ratusan orang. Selain itu akan ada banyak kesenian yang akan ditampilkan di sepanjang jalan Desa Kemiren.

Baca juga: 4 Agenda Budaya Libur Lebaran di Banyuwangi

2. Grebeg Syawal (Yogyakarta)

Grebeg Syawal, festival selama lebaran yang akan digelar di Jogja. Foto: bookprimera.com

Gregeg Syawal akan digelar di Jogja pada 15 Juni 2018. Grebeg Syawal biasanya digelar di Alun-alun Utara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada 1 Syawal.

Dalam tradisi ini, gunungan yang terbuat dari hasil bumi akan dikeluarkan. Gunungan sendiri merupakan simbol kemakmuran. Masyarakat biasanya akan langsung berebutan sesaat setelah gunungan dikeluarkan. Ada kepercayaan bahwa jika bisa mendapatkan isi gunungan, maka akan memperoleh berkah dari hasil bumi tersebut.

3. Festival Musik Daul (Sampang)

Festivsl Musik Daul, salah satu festival selama lebaran. Foto: alanjalan.com

Musik Daul merupakan kesenian tradisional masyarakat Madura. Dulunya Festival Musik Daul dilangsungkan untuk membangunkan masyarakat untuk makan sahur. Namun kini festival tersebut berubah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan setelah perayaan Idul Fitri.

Baca juga: Uniknya Festival Gerewol, Tradisi Mencuri Istri dari Suku Wodaabe Fula Nigeria

Pelaksanaan Festival Musik Daul ini dilangsungkan tepatnya pada hari ketujuh Lebaran. Festival musik Daul terdiri atas ogoh-ogoh raksasa yang disertai iringan musik tradisional Sampang.

4. Kirab Tumpeng Ketupat Coklat (Blitar)

Salah satu festival selama lebaran, Kirab Ketupat Coklat di Blitar. Foto: pojokpitu.com

Kirab Tumpeng Ketupat Coklat merupakan acara tahunan di Blitar yang diselenggarakan sebagai perayaan puncak Hari Raya Ketupat. Tahun ini penyelenggaraan Kirab Ketupat Coklat dilakukan pada 24 Juni 2018.

Tumpeng yang berisi ketupat berbahan nasi dan ditambahkan cokelat ini akan dibentuk layaknya gunungan. Gunungan tumpeng ini akan dikirab, kemudian dibagikan bersama masakan tradisional khas Idul Fitri.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

15+ Festival di Indonesia Bulan September 2019, Wajib Hadir!

7 Festival Bulan Desember untuk Menutup Akhir Tahun

6 Rekomendasi Jadwal Festival yang Menarik di Bulan November 2018

Mengenal Kekayaan Seni Tradisi Lintas Gender di Indonesia

GAMIFest 2018, Perhelatan Terbesar Budaya dan Pariwisata di Aceh

Ada Aksi Lempar Pantun dan Tarian Mencari Ikan dalam Sajian Festival Pacu Jalur 2018

FALLBACK
The END