Jalur Pendakian Gunung Sindoro Ditutup Selama Ramadhan 2018

Jika Anda berencana mendaki Gunung Sindoro selama bulan Ramadhan 2018 nampaknya Anda harus menundanya karena selama bulan Ramadhan hingga lebaran 2018 jalur pendakian Gunung Sindoro ditutup bagi pendakian.

Hal ini sesuai dengan surat edaran yang disebarkan oleh akun Instagram Basecamp Gunung Sindoro Via Sigedang. Disebutkan bahwa jalur pendakian Sindoro akan ditutup mulai dari tanggal 16 Mei 2018 hingga 17 Juni 2018

Seperti dalam surat edaran tersebut, jalur yang ditutup meliputi Jalur pendakian Sigedang.

gunung sindoro

Jalur yang ditutup hanya Sigedang. (Foto/pendakiindonesia)

Hingga berita ini diterbitkan, tim Phinemo belum mendapatkan informasi lebih lanjut apakah ketiga jalur pendakian Gunung Sindoro lainnya juga akan ditutup. Dengan demikian, sangat dimungkinkan jika tiga jalur lain seperti Jalur Kledung (Temanggung), Jalur Sibajak (Temanggung), dan Jalur Jlumprit (Dusun Katekan) masih bisa dilewati oleh pendaki.

Baca juga: Kenapa Greenland Ditutupi Es dan Iceland Begitu Hijau? Ini Penjelasannya

Alasan penutupan jalur pendakian

Pihak Basecamp Sigedang mengungkapkan penutupan jalur ini berkaitan dengan telah masuknya bulan suci Ramadhan dan lebaran.

“Dalam rangka memperingati bulan suci ramadhan dan hari raya idul fitri dari pihak basecamp bahwa mulai tanggal 16 mei 2018 s/d 17 juni 2018 kegiatan pendakian untuk sementara waktu  DI TUTUP.” tulis dalam postingannya.

Untuk para pendaki yang ingin mendapatkan info lebih lanjut tentang penutupan jalur pendakian Sindoro, pihak basecamp telah memberikan kontak yang dapat dihubungi, yakni: 082211199340 atau 082313216885.

Baca juga: Pendaki Gunung Bawakaraeng Ditemukan Hipotermia dan Kritis, Ternyata Korban Ditinggal Temannya ke Puncak

Komentar pendaki tetap positif

Meskipun ditutup, namun para pendaki mengaku tak masalah dengan rencana penutupan sementara jalur pendakian Sindoro. Mereka mendukung demi kehikmatan ibadah puasa. Adapula netizen yang mendukung demi terjaganya alam di Gunung Sindoro.

“Baguslah buat recovery alam” komentar @edisofyan28

“Bagus lah , supaya yg menjalankan puasa dengan baik” komentar @irsyadfuady

Beberapa netizen yang kecewa mengaku akan mengalihkan rencana pendakian mereka ke Gunung Sumbing dan gunung di sekitarnya. Adapula yang tetap berencana mendaki Sindoro tapi menggunakan jalur yang lain.

Banting ke sumbing heheh” komentar @rizky_sanz

“Itu mah jalur sigedang,,kita mah nanti Kledung” komentar @agungmaula

Dapatkan ulasan menarik tentang Info Gunung dan tulisan Lain dari Wike

Tags: ,

Paket Produk Penawaran