Fakta Kebakaran Gunung Sindoro, Lawu, dan Sumbing

Kebakaran gunung di Jawa Tengah terjadi di waktu yang berurutan. Mulai dari Gunung Sindoro, Gunung Lawu, lalu Gunung Sumbing.

Ditulis Oleh Echi

Memasuki musim peralihan dari kemarau menuju penghujan, gunung-gunung di Indonesia rentan alami kebakaran. Yang terbaru, tiga gunung di Jawa Tengah alami kebakaran berurutan. Diawali dari kebakaran Gunung Sindoro, Gunung Lawu kemudian Gunung Sumbing. Akibatnya, jalur pendakian pun ditutup untuk sementara waktu.

Untuk mengetahui perkembangan kabar kebakaran gunung di Jawa Tengah tersebut, berikut ini kami rangkumkan fakta-faktanya.

Baca juga: Akibat kebakaran jalur pendakian gunung Sindoro ditutup

1. Kebakaran di Gunung Sindoro mencapai 245,1 hektar

kebakaran gunung

Kebakaran Gunung Sumbing berakibat pada penutupan jalur pendakian dan pengevakuasian 541 pendaki. Foto dari Anis Efizudin/Antara

Kebakaran hutan dan lahan melanda Kawasan Gunung Sindoro terjadi pada Sabtu (8/9/2018). Dampaknya, jalur pendakian Gunung Sindoro pun ditutup untuk sementara.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Temanggung Gito Walngadi menyebutkan, luas lahan yang terbakar mencapai sekitar 245,1 hektar. Hutan tersebut ditumbuhi beragam vegetasi berupa savana, akasia decuren, bintami, puspa dan sowo.

Dalam keterangan tertulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan Perhutani menutup semua jalur pendakian Gunung Sindoro mulai Sabtu, 8 September 2018 sampai batas waktu yang tidak diketahui.

2. Total 3.118 meter persgi hutan Gunung Lawu terbakar

Per Senin (10/9/2018), Pendakian Gunung Lawu ditutup untuk sementara waktu. Masih belum dipastikan kapan pendakian Lawu kembali dibuka. Hal tersebut disebabkan oleh kebakaran telah melanda kawasan hutan di Gunung Lawu.

Melansir dari tempo.co, kebakaran diduga akibat ulah pendaki yang membuat api unggun saat pendakian merayakan hari kemerdekaan RI di Gunung Lawu via Cetho.

Disebutkan, bara api bekas api unggun belum benar-benar padam. Api pun membakar hutan dan menyebar hingga kawasan puncak Lawu. Bahkan, apinya merambat hingga mendekati kawasan wisata Kebun Teh Jamus di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Total sekitar 3.118 meter persegi lahan kawasan hutan Gunung Lawu telah terbakar.

Baca juga: Per 1 Agustus 2018, pendaki wajib bawa surat dokter untuk mendaki Gunung Slamet

3. Gunung Sumbing

Kebakaran yang terjadi di Gunung Sumbing mulai terlihat sejak Senin (10/9/2018) sekitar pukul 18.15 WIB. Diketahui, titik api tersebut berada di petak 20 Resor Pemangku Hutan (RPH) Kecepit, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung, Kesatuan Pemangku Hutan Kedu Utara.

Akibatnya, jalur pendakian Gunung Sumbing ditutup untuk melakukan proses pemadaman api.

Sebelum melakukan penutupan jalur untuk sementara waktu, pada Selasa (11/9/2018) sebanyak 541 orang pendaki dievakuasi dari puncak Gunung Sumbing ketika kebakaran terjadi di kawasan tersebut.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang GUNUNG, tulisan lain Echi

Kontes foto, video pendek, dan desain logo BTNGMb berhadiah total puluhan juta rupiah. Ikuti sekarang

Tag : , , ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post