Sidebar

Gunung Tangkuban Perahu Kembali Dibuka untuk Wisatawan

Setelah sekitar enam hari ditutup karena erupsi, pada Kamis, 1 Agustus 2019 kemarin Gunung Tangkuban Perahu kembali dibuka untuk umum.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Erupsi Gunung Tangkuban Perahu yang terjadi pada Jumat, 26 Juli 2019 lalu sempat mengehebohkan masyarakat lantaran terjadi secara tiba-tiba tanpa ada tanda-tanda vulkanik sebelumnya. Akibat peristiwa tersebut Gunung Tangkuban Perahu ditutup untuk keperluan wisata dan pendakian karena tertutup oleh abu vulkanik.

Setelah sekitar enam hari ditutup karena erupsi, pada Kamis, 1 Agustus 2019 kemarin Gunung Tangkuban Perahu kembali dibuka untuk umum. Abu vulkanik yang menutupi kawasan Gunung Tangkuban Perahu dan sekitarnya telah dibersihkan oleh PT. Graha Rani Putra Persada selaku pengelola. Aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Perahu juga sudah kembali normal dan aman untuk kunjungan wisatawan.

Dikutip dari Kompas.com, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil menyatakan bahwa Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Perahu akan dibuka kembali untuk umum pada 1 Agustus 2019. Hal ini diputuskan setelah mendapatkan jaminan keamanan dan keselamatan bagi pengunjung.

“Hari Kamis padi TWA Gunung Tangkuban Perahu sudah bisa dibuka untuk umum,” ujar Emil setelah menggelar rapat koordinasi dengan pihak pengelola, perwakilan PVMBG, BPBD, Bupati Subang, Kepolisian, TNI, dan ASITA di Gedung Sate.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yang populer berkat legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif yang memiliki sembilan kawah. Erupsi Gunung Tangkuban Perahu yang sempat terjadi beberapa waktu lalu tidak menyebabkan kerusakan berarti. Tanda-tanda vulkanik yang teramati yaitu munculnya kolom abu setinggi 200 meter diatas puncak (2.284 mdpl).

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Erupsi Gunung Krakatau, Kiamat Bagi Kehidupan di Bumi

Erupsi Gunung Berapi Dahsyat di Jepang Pernah Membuat Bulan Hilang

Dahsyatnya Erupsi Gunung Taal di Filipina, Petir Menyambar Hingga Awan Gelap Menutupi

Erupsi Gunung Kerinci, Masyarakat Diharapkan Waspada

Gunung Tangkuban Perahu Erupsi, Tak Ada Wisatawan yang Terluka

Erupsi Gunung Bromo, Begini Himbauan PVMBG Kepada Wisatawan

FALLBACK
The END