Lebih Kekinian, Galabo Jadi Spot Wisata Kuliner Solo yang Nyaman untuk Nongkrong Hingga Larut Malam

Wajah baru Galabo Solo yang lebih rapi. Foto dari akun instagram @dicky_herlambang.jr

Anda yang tinggal di Solo atau kerap berwisata ke kota budaya ini tentu sudah tidak asing dengan Gladak Langen Bogan atau dikenal dengan sebutan Galabo. Jelang lebaran, Pemerintah Kota Surakarta menata ulang pusat wisata kuliner kota Solo ini. Telah beroperasi selama satu dasawarsa, kini Galabo hadir dengan wajah baru yang lebih rapi.

Baca juga: De Tjolomadoe Solo, pernah dipakai sebagai lokasi konser David Foster yang seru buat hang out bareng teman

Selama ini Galabo Solo menempati tepi Jalan Mayor Sunaryo. Setiap malam, ruas jalan itu ditutup bagi kendaraan karena digunakan untuk duduk para pengunjung yang menikmati santap malamnya. Saat ini lokasi Galabo Solo menempati halaman selatan Benteng Vastenburg.

“Kami juga menyeleksi pedagang yang menempati kawasan kuliner ini,” kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat peresmian New Galabo dilansir dari Tempo.co

galabo solo

Wajah baru Galabo Solo yang lebih rapi. Foto dari akun instagram @dicky_herlambang.jr

Selain perubahan wajah baru yang lebih rapi, jumlah pedagang yang berjualan di Galabo pun mengalami pengurangan. Setelah melalui kajian dan seleksi, kini hanya 28 pedagang yang dianggap layak untuk menempati kawasan wisata kuliner tersebut. Jumlah tersebut terpangkas hampir separuh dari total terdahulu yang mencapai 50 pedagang.

“Selain makanannya khas Solo, komitmen pedagang untuk menjaga kebersihan juga menjadi penilaian,” tutur FX Hadi Rudyatmo

Baca juga: Cara seru untuk menikmati kota Solo. Sudah pernah coba semua?

Menariknya, kawasan wisata kuliner Galabo ini rata-rata dihuni oleh para pelaku usaha kuliner yang sudah legendaris di Kota Solo. Sebut saja Thengkleng Klewer Bu Ediyem, Sate Kere Yu Rebi, Gudeg Ceker Margoyudan hingga Rawon Penjara.

Dengan penataan ulang lokasi wisata kuliner yang lebih representatif, tentu akan makin banyak pengunjung yang datang. Jika Anda sedang mudik ke Solo atau melewati Solo, sebaiknya mampir sejenak untk mengisi perut di kawasan wisata kuliner Galabo Solo.

Dapatkan ulasan menarik tentang solo dan tulisan Lain dari Echi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar