Fitur Rahasia Pesawat yang Jarang Diketahui Penumpang

Foto/Tentang DavestPay

Pesawat memiliki aneka fasilitas untuk menunjang penerbangan, mulai dari fasilitas keamanan hingga kenyamanan penumpang. Uniknya, banyak orang luput dengan fitur rahasia pesawat yang jarang diketahui penumpang padahal fitur-fitur ini bisa memberikan kenyamanan selama penerbangan.

Lalu apa saja fitur tersembunyi itu? Berikut ini daftarnya:

1. Tombol rahasia di bawah sandaran

Jika Anda duduk di bangku dekat lorong pasti tahu tombol di sandaran tangan. Tapi jika traveler meraba lebih jauh ke arah belakang di bawah sandaran maka akan ada sebuah tombol. Tombol ini dibuat tersembunyi dari pandangan traveler.

Jika menekan tombol ini maka traveler bisa menggerakkan sandaran lengan sampai belakang. Sehingga memudahkan traveler untuk berdiri ketika meja baki digunakan.

2. Segitiga hitam

fitur rahasia pesawat

Foto/Tentang DavestPay

Jika Anda menemukan tempat duduk dengan tanda segitiga hitam di dalam pesawat maka itu adalah tempat terbaik untuk melihat pemandagan dari atas pesawat. Di sana Anda bisa mendapatkan foto-foto cantik dari ketinggian.

Baca juga: Amankah Naik Pesawat Terbang Saat Hujan?

3. Tombol di belakang tanda larangan merokok

Awak kabin dipersiapkan dengan kemungkinan terburuk. Oleh karena itu ada sebuah tombol rahasia yang terdapat di belakang tanda dilarang merokok. Tombol ini digunakan untuk membuka toilet dalam keadaan darurat sehingga penumpang bisa selamat dan aman ketika pesawat sedang dalam keadaan darurat.

4. Borgol, defribrillator dan pistol

Awak kabin memiliki tanggung jawab keselamatan penumpang, jadi di pesawat dilengkapi pula dengan perlengkapan keamanan seperti borgol dan pistol. Bukan terbuat dari besi, tapi kabel pengikat.

Sedangkan defibrillator disediakan di beberapa pesawat untuk penumpang yang terkena serangan jantung. Semua benda tersimpan secara rahasia.

5. The Bleed Hole

Traveler yang duduk di dekat jendela pasti sering melihat lubang kecil di jendela. Lubang ini berfungsi sebagai katup pengaman sehingga saat ada tekanan di dalam pesawat, kaca jendela bisa memuai dan pecah.

6. Kamar tidur rahasia

Awak kabin dan pilot memiliki kamar tidur rahasia. Di sanalah para awak kabin beristirahat.

7. Pintu Darurat

fitur rahasia pesawat

Pintu darurat. Foto/Panduan Wisata

Di pesawat terdapat pintu darurat yang bisa dibuka ketika pesawat dalam keadaan darurat. Pegangan ini bisa dibuka oleh penumpang yang duduk didekat pintu darurat sehingga penumpang bisa lebih tenang ketika terjadi sesuatu hal ketika terbang.

Baca juga: Menilik Tarif Tiket Pesawat Lion Air Pascamusibah yang Dialami JT-610

8. Asbak

Meskipun dilarang, namun maskapai tetap menyiapkan asbak sehingga penumpang bisa mematikan rokok di tempat semestinya.

Adanya asbak ini karena dulu memang diizinkan merokok di pesawat, namun kini tidak lagi.

9. Kait sayap berwarna kuning

Sayap pesawat memiliki kait berwarna kuning yang memiliki fungsi ketika darurat. Penumpang bisa menarik tali ini sehingga tetap bisa berjalan tetap d atas sayap.

Dapatkan ulasan menarik tentang Info Penerbangan dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar