Menyingkap Arti Pangkat di Pundak Pilot yang Menarik Kamu Ketahui

Sumber foto.

Ketika Kamu melihat pilot, pernahkah Kamu memerhatikan deretan benda yang ada di pundak mereka? Terdapat benda yang cukup mencolok, namun tahukah Kamu arti pangkat di pundak pilot tersebut?

Arti pangkat di pundak pilot

Baca Juga: Telinga Berdenging Saat Pesawat Lepas Landas? Atasi dengan Cara Ini

Tak banyak masyarakat yang telah mengetahui sebenarnya apa arti pangkat di pundak pilot. Banyak orang berasumsi bahwa semakin sedikit bar yang dimiliki seorang pilot, maka akan menunjukkan tingkat kompetensinya.

Pernahkah bula Kamu mendengar percakapan seperti ini, “Pesawat ini landingnya kasar banget. Maklum lah pilotnya masih bar satu.”

Lalu benarkah asumsi publik selama ini mengenai arti pangkat di pundak pilot dengan kinerja yang dilakukan selama ini?

Kapten Pilot Batik Air, Vincent Raditya menjelaskan bahwa bar adalah seragam sebuah perusahaan. Jadi perusahaan memiliki ketentuan bahwa orang-orang yang akan bekerja di sana harus menggunakan seragam.

Beda maskapai beda arti

arti pangkat di pundak pilot

(Foto/pardisimbolon)

Menurutnya, perusahaan juga yang akan menentukan apa jobdesk dari setiap bar yang dikenakan di pundak pilot. Vincent mengungkapkan bahwa arti pangkat di pundak pilot juga memiliki aturan yang berbeda di setiap airline.

Ia kemudian mencontohkan mengenai kejelasan arti pangkat di pundak pilot berdasar pada aturan di tempat kerjanya.

“Tentunya airline memiliki beda-beda porsinya antara setiap bar. Ambil contoh di tempat saya bekerja, untuk bar satu akan digunakan oleh co-pilot dengan jam terbang mulai dari 0-500 jam. Nah, di atas 500 jam, maka mereka akan menggunakan bar dua. Sementara di atas 2500 jam mereka akan menggunakan bar tiga. Baru setelah mereka upgrading mereka menggunakan bar empat,” tutur Kapten Vincent melalui video yang diunggahnya ke akun Youtube.

Baca Juga: Cara Mengalahkan Rasa Takut Naik Pesawat Terbang

Oleh sebab itulah, tak bijak bila penumpang kemudian menyamakan arti setiap bar pangkat dari maskapai penerbangan. Tentunya di setiap maskapai akan memiliki aturan yang berbeda, dan tidak bisa dipukul rata.

Tujuan dari adanya pangkat ini adalah agar para pilot diberikan range sesuai dengan urutannya. Tentu ini akan memudahkan bagi orang yang hendak terbang.

Intinya maskapai di seluruh dunia akan menentukan apa arti dari setiap bar untuk semua pilot yang bekerja untuk mereka.

Dapatkan ulasan menarik tentang info penerbangan dan tulisan Lain dari Himas

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran