Telinga Berdenging Saat Pesawat Lepas Landas? Atasi dengan Cara Ini

(ilustrasi) rasa sakit telinga selama penerbangan (Foto/klik dokter)

Ketika Kamu menggunakan moda trasnportasi pesawat, pernahkah mengalami yang namanya rasa sakit hingga telinga berdenging? Terlebih ketika pesawat hendak lepas landas dan mendarat. Lantas, sudahkah Kamu menemukan cara mengatasi?

Mengurangi rasa sakit saat telinga berdenging

telinga berdenging

(ilustrasi) telinga yang mengalami rasa sakit salam penerbangan (Foto/Garuda Citizen)

Baca Juga: Tata Cara Sholat di dalam Pesawat selama Penerbangan Berlangsung

Telinga berdenging saat menaiki pesawat bisa jadi suatu hal yang lumrah dan dialami oleh setiap penumpang yang pernah menaiki moda transportasi udara ini.

Perihal ini diamini pula oleh sebuah penelitian dari American Academy of Otolaryngology yang menyebutkan bahwa rasa telinga berdenging dan sakit ini berhubungan dengan saluran eustachius, yakni saluran di telinga yang berfungsi untuk menyamakan tekanan antara kedua telinga.

Ketika kita naik atau turun saat terbang perubahan ketinggian mempengaruhi kemampuan saluran itu untuk mengatur tekanan. Maka tak heran, kerap kali saat kamu naik pesawat akan merasakan sakit pada telinganya. Untuk mengurangi rasa tak nyaman dan sakit pada telinga, kamu bisa menerapkan tiga trik di bawah ini.

1. Menguap

Menguap adalah salah satu cara termudah untuk mengurangi rasa sakit akibat telinga berdenging saat naik pesawat. Hal ini juga dibenarkan oleh pakar yang menyebutkan bahwa menguap juga berperan dalam mengurangi rasa sakit itu.

Menurut Mayo Clinic, ketika kita membuka mulut maka otot-otot akan membentang dan terhubung ke saluran eustachius. Cara ini membuat saluran terbuka sehingga bisa menyesuaikan dengan tekanan udara di luar.

2. Mengunyah permen karet

telinga berdenging

(ilustrasi) orang mengunyah permen karet untuk atasi rasa sakit telinga selama penerbangan (Foto/hello sehat)

Kamu bisa mencoba mengurangi rasa berdenging di dalam telinga dengan cara makan permen biasa ataupun mengunyah permen karet.

Permen dipercaya dapat mengurangi rasa sakit di telinga saat pesawat yang kamu tumpangi hendak lepas landas atau turun.

Sebab, permen dapat merangsang produksi air liur yang lebih banyak. Sehingga, otot pada langit-langit mulut dapat menarik saluran eustachius, yang akhirnya dapat mengurangi rasa sakit di telinga.

3. Teknik Valsava atau Toynbee

telinga berdenging

(ilustrasi) rasa sakit telinga selama penerbangan (Foto/klik dokter)

Baca Juga: Seberapa Amankah Memakai WiFi Saat Pesawat Mengudara?

Terakhir menggunakan teknik Valsav atau Toynbee. Metode ini juga menjadi salah satu cara yang dianggap efektif untuk mengurangi rasa sakit pada telinga, menurut sebuah studi dari departemen THT di Gentofte University Hospital.

Untuk melakukan teknik Valsava, menurut Healthline, cukup dengan menutup mulut dan mencubit hidung. Kemudian bernapaslah seperti biasa.

Tapi berhati-hati, jangan meniup udara terlalu kuat ke hidung. Sebab bisa berpotensi merusak gendang telinga. Namun, bila kamu merasa teknik Valsava terlalu sulit, kamu bisa mencoba menggunakan metode Toynbee. Teknik ini cukup mudah, cukup dengan mencubit hidung dan sambil menelan ludah.

Dapatkan ulasan menarik tentang tips dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar