Amankah Naik Pesawat Terbang Saat Hujan?

Foto/@Prokabar

Sering merasa takut naik pesawat terbang saat hujan? Jangan khawatir meskipun guncangan hebat, gemuruh, dan petir menyambar ketika pesawat yang Anda tumpangi sedang terbang, situasi ini ternyata tetap aman bagi penumpang dan awak kabin.

Baca juga: Apa yang Terjadi Bila Pesawat Tersambar Petir Berkali-kali?

Alasan ilmiah mengapa naik pesawat terbang saat hujan aman

Dilansir dari Conde Nast Traveler, meskipun hujan lebat pesawat tidak akan mengalami kecelakaan, masih tetap aman untuk dnaiki karena pesawat telah didesain pesawat bisa beroperasi meskipun cuaca sedang hujan, bahkan salju sedang turun.

Maskapai penerbangan juga telah membuat prosedur keamanan untuk menghadapi kondisi cuaca tertentu. Namun jika cuaca memang sedang buruk, memungkinkan untuk membatalkan penerbangan tersebut.

Nah, apabila Anda merasa resah ketika terbang di musim hujan, cobalah lakukan hal-hal berikut agar tidak panik:

amankah naik pesawat terbang saat hujan

Foto/Brilio.net

1. Jika terjadi sedikit turbulensi

Hal yang perlu Anda tanamkan ketika terjadi guncangan atau turbulensi adalah dengan menganggap kondisi tersebut normal terjadi seperti halnya ketika mengemudikan mobil di saat hujan, maka akan ada goncangan ketika motor menghantam lubang berisi air.

Sama halnya di atas pesawat yang dekat dengan awan, maka tabrakan dengan awan berisi air hujan adalah hal yang biasa. Jadi, Anda tak perlu khawatir dengan adanya goncangan ketika berada di pesawat.

2. Petir tidak membuat pesawat yang Anda tumpangi terjatuh

Para pakar dan ahli mengatakan kemungkinan pesawat disambar petir kala musim hujan itu jarang sekali terjadi. Petir tidak akan membakar penumpang karena pesawat didesain untuk menyerap lebih dari 8 kali energi sambaran petir.

Baca juga: Tata Cara Sholat di dalam Pesawat selama Penerbangan Berlangsung

3. Kondisi cuaca buruk bagaimana kita menanggapinya?

Cuaca buruk tidak akan membuat pesawat bercerai berai. Sayap mampu menahan tekanan ekstrem begitu juga kabin pesawat. Pesawat mampu melakukan manuver lebih dari yang Anda pikirkan. Jadi tips paling tepat adalah dengan tetap tenang selama terbang bagaimanapun kondisinya.

Dengarkan intruksi awak kabin dan jangan jadi penumpang nakal yang membangkang demi keselamatan Anda. Jangan sok tahu, terlebih Anda bukan orang yang tahu tentang keselamatan penerbangan.

Untuk meminimalisasi guncangan, Anda dapat memilih posisi duduk di bagian tengah pesawat. Jika guncangan terjadi, cobalah menenangkan diri dengan melihat awak kabin yang tetap proesional menjalankan tugasnya dan tak terpengaruh oleh guncangan.

Dapatkan ulasan menarik tentang Pesawat dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran