Rekomendasi Event di Semarang Akhir Pekan ini

Sedang liburan di Semarang dan belum punya rencana akan melakukan apa akhir pekan ini? Kami punya rekomendasi event di Semarang sebagai alternatif mengisi waktumu:

Baca juga: Agenda harian event wisata di Jogja 2017

Pandanaran Art Festival 2017

Pandanaran Art Festival menampilkan pameran seni, arsitektur, foto, dan masih banyak lagi.

Akhir pekan ini Kota Semarang punya event seni tahunan bertajuk Pandanaran Art Festival (PAF). Pandanaran Art Fest sendiri merupakan festival seni dan budaya tahunan Kota Semarang yang merangkul berbagai cabang. Mulai dari cabang tari, musik, arsitek, fotografi, dan lain-lain.

Event yang akan digelar Sabtu 25 November ini, bertempat di Taman KB. Acara ini dimulai pada pukul 13.30 sampai 22.00 WIB.

Ada beberapa tema “kampung” di PAF tahun ini, di antaranya Kampoeng Orat Oret, Kampoeng Kenangan, Kampoeng Film dan foto, dan Kampoeng Paraseni. Tidak hanya pameran seni saja, namun ada juga bazar kuliner yang akan memanjakan perut.

Spot wisata dekat sini – Sempatkan juga mampir ke Simpang Lima di mana ada sangat banyak varian kuliner dijajakan. Tak jauh dari Simpang Lima, sekitar 5 – 10 menit, wisatawan juga bisa menuju Tugu Muda, monumen yang dibuat untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur saat pertempuran lima hari di Semarang. Masih di area Tugu Muda, ada Lawang Sewu yang memiliki ragam koleksi bersejarah per-kereta api-an Indonesia.

Taman Garuda Art Festival

Taman Garuda Art Festival menjadi wadah berbagai komunitas di Semarang. Foto oleh Bayu Hastinoto

Bersamaan dengan PAF, Taman Garuda Art Festival juga akan diselenggarakan pada 26 November 2017. Taman Garuda ini berada di kawasan Kota Lama Semarang. Acara ini dimulai pada pukul 12.00 sampai 22.00.

Tujuan dari acara ini ialah mempromosikan dan meramaikan Kota Lama Semarang, khususnya dikawasan Taman Garuda. Selain itu juga untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa tidak hanya Taman Srigunting saja yang menjadi objek wisata di kota lama.

Acara ini juga bertujuan untuk menjadi ajang berkumpulnya komunitas-komunitas yang ada di Kota Semarang.  Beberapa komunitas yang akan mengisi acara ini ialah komunitas barang antik, sepeda kuno, vespa antik, kuliner, musik, dan lain-lain.

Spot wisata dekat sini – Coba jalan kaki menyusuri Kota Lama, kawasan yang menjadi venue event ini. Ada Gereja Blenduk dan banyak bangunan bersejarah lainnya. 

Baca juga: Alasan mengapa sesekali perlu datang ke event wisata

Festival Cinta Puspa dan Satwa 2017

Festival Cinta Puspa dan Satwa di Taman Margasatwa Semarang setiap bulan November. sumber

Masih di tanggal yang sama, Festival Cinta Puspa dan Satwa juga digelar akhir pekan ini tanggal 26 November. Bertempat di Taman Margasatwa Semarang, Festival ini berlangsung dari pukul 08.00  WIB sampai selesai.

Ada beberapa jenis acara yang akan diadakan di Festival Cinta Puspa dan Satwa 2017. Diantaranya ialah lomba mewarnai kategori TK – SD kelas 2, lomba menggambar SD kelas 3 – 6, Drumband anak, Fun games, penanaman pohon langka.

Ada beberapa komunitas yang juga meramaikan acara ini yaitu Komunitas Pet dan Reptil, juga Komunitas Flora. Selain acara-acara tersebut juga akan ada panggung hiburan dan stand-stand kuliner yang melengkapi Festival Cinta Puspa dan Satwa tahun ini.

Spot wisata dekat sini – Taman Margasatwa Semarang memiliki banyak koleksi satwa, keliling bersama orang-orang terdekat melihat koleksi mereka akan menyenangkan. Dari sini, berikutnya mungkin bisa menuju Kampung Wisata Taman Lele, di Jalan Siliwangi, Tambakaji. 

Semarang Nasyid Fest 2017

Bintang Nayid Nazrey Johani turut memeriahkan Semarang Nasyid Fest tahun ini. sumber

Pemerintah Kota Semarang bekerjasama dengan Asosiasi Nasyid Nusantara Kota Semarang menggelar Semarang Nasyid Fest 2017. Acara ini merupakan event berkelas yang kaya akan nilai-nilai positif bagi masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya. Konser Nasyid bertaraf nasional ini akan diselenggarakan akhir pekan nanti, Sabtu, 25 November 2017 di sekitaran Taman KB.

Acara dimulai pukul 19.00 sampai dengan 22.00 WIB. Bintang nasyid nasional yang akan memeriahkan event ini ialah Nazrey Johani (Raihan). Selain itu juga ada penampilan dari Zukruf. 

Spot wisata dekat sini – Sempatkan juga mampir ke Simpang Lima di mana ada sangat banyak varian kuliner dijajakan. Tak jauh dari Simpang Lima, sekitar 5 – 10 menit, wisatawan juga bisa menuju Tugu Muda, monumen yang dibuat untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur saat pertempuran lima hari di Semarang. Masih di area Tugu Muda, ada Lawang Sewu yang memiliki ragam koleksi bersejarah per-kereta api-an Indonesia.

Baca juga: 7 alasan mengapa harus melakukan perjalanan wisata

Waroeng Semawis

eksplor semarang

Meriahnya suasana di Waroeng Semawis. CC Flickr 2.0

Waroeng Semawis ialah festival kuliner yang digelar setiap akhir pekan di Semarang. Dari makanan ringan, makanan berat, segala jenis minuman ada di Kampung Semawis. Bahkan tidak hanya itu, ada juga stand yang menjajakan mainan, ramalan, dan aksesoris.

Waroeng Semawis buka setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu sejak pukul 18.00 WIB. Festival kuliner ini bertempat di kawasan Kranggan, Semarang Tengah.

Event ini juga menjadi destinasi populer para wisatawan yang berkunjung ke kota Semarang. Sensasi padatnya gang ini yang dipenuhi oleh pengunjung, juga antrian yang panjang justru membuat rindu untuk datang kembali ke sini.

Spot wisata dekat sini – Sebelumnya, sempatkan mampir ke Klenteng Tay Kak Sie, klenteng bersejarah yang didirikan tahun 1746. Atau bisa juga berkunjung ke Masjid Pekojan yang masih ada di Kawasan Pecinan. Masjid tersebut merupakan salah satu yang tertua di Semarang, peninggalan pedagang Gujarat di masa lampau.

Dapatkan ulasan menarik tentang event semarang dan tulisan Lain dari Vania Malinda

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar