Sidebar

Agenda Harian Lengkap Event Wisata di Jogja

Lagi liburan di Jogja? atau ada rencana? Simak panduan liburan unik selama sepekan di Kota Jogja ini!

SHARE :

Ditulis Oleh: Syaiful Millah

Yogyakarta Istimewa. Slogan yang sangat tepat untuk menggambarkan salah satu daerah istimewa yang ada di Indonesia ini.

Memiliki sangat banyak kekayaan alam, sejarah dan budaya. Jogja menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Jogja menawarkan berbagai kegiatan seru yang menambah pengalaman liburan kepada para pengunjungnya. Berikut ini jadwal agenda wisata di Jogja yang tak boleh dilewatkan saat berlibur ke Kota Pelajar ini:

Jazz Mben Senen

Jazz Mben Senen di Bentara Budaya Yogyakarta.

Seperti namanya, acara musik jazz ini diadakan setiap hari senin pada malam hari pukul 20.00 hingga selesai. Berlokasi di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY).

Konser musik Jazz ini bisa menjadi referensi saat liburan di Jogja. Bersantai sambil menikmati alunan musik jazz yang dibawakan oleh para musisi muda. Tak hanya menikmati sebagai penonton, penonton juga bisa ikutan nge-jam.

Demo menatah topeng kayu

Topengkayu sebagai budaya Indonesia.

Kegiatan demo menata topeng kayu diadakan setiap hari selasa pukul 10.00-15.00 WIB bertempat di Tembi Rumah Budaya.

Acara ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan Tembi Rumah Budaya untuk menunjukkan cara menatah topeng kayu, mulai dari proses awal hingga menjadi bentuk dasar topeng khas Jogja. Sempatkan datang ke agenda ini untuk semakin mengenal budaya Jogja. Tak perlu ragu, untuk mengikuti demo ini tidak dipungut biaya.

Pagelaran Wayang Golek Menak

Pertunjukan wayang golek Menak. Sumber

Pagelaran wayang golek satu ini diadakan setiap hari rabu bertempat di keraton, mulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB.

Wayang golek Menak sendiri merupakan pertunjukan wayang yang terbuat dari boneka kayu, sangat terkenal di beberapa tempat khususnya Jawa Barat. Buat kamu yang liburan ke Jogja hari rabu, harus banget datang ke gelaran wayang golek yang satu ini. 

Pagelaran Seni Macapat

Pertunjukan seni macapat/mocopot. Sumber

Selang sehari setelah menonton wayang golek Menak, besoknya kamu bisa melanjutkan agenda budayamu dengan nonton pagelaran seni macapat yang diadakan setiap hari kamis pukul 09.00-11.00 di  tempat yang sama.

Pementasan puisi Jawa dengan iringan musik gamelan ini sangat populer di beberapa negara, seperti Belanda dan Jepang. Tidak sedikit wisatawan mancanegara yang berwisata ke Jogja tertarik menonton pertunjukan seni Macapat ini.

Friday Night Jazz

Friday Night Jazz di Via Via, Jogja.

Selain Jazz Mben Senin, Jogja juga punya agenda musik jazz rutin lainnya yaitu Friday Night Jazz. Konser mini ini diadakan setiap hari Jumat malam pukul 19.00 sampai selesai, bertempat di Via-Via Cafe.

Pertunjukan musik mingguan ini merupakan bagian dari ART SPACE yang diadakan Via-Via dan sudah cukup terkenal di kalangan penikmat musik jazz tanah air.

Pagelaran Wayang Kulit

Pagelaran wayang kulit rutin di Keraton Jogja.

Jogja memang konsisten melestarikan budaya-budaya Indonesia, salah satu yang paling terkenal adalah wayang kulit. Setiap hari Sabtu pukul 10.30 sampai 12.00 WIB, bertempat di Keraton selalu diadakan pagelaran wayang kulit.

Pertunjukan seni yang satu ini adalah agenda wajib bagi para wisatawan yang datang ke Jogja, untuk semakin mendapat kesan dan pengalaman unik berlibur di kota Budaya ini. Kalian hanya harus membayar tiket masuk keraton saja untuk bisa menyaksikan pertunjukan wayang kulit.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sahid Rich Hotel, Akomodasi Mewah dengan Nuansa Klasik di Pusat Jogja

Tajug Loro Yogyakarta, Akomodasi Tersembunyi yang Murah dan Nyaman

Queen of The South Beach Resort, Hotel Romantis di Tepi Pantai Jogja

Villa Alcheringa Jogja, Hotel dengan Panorama Indah di Tepi Parangtritis

Radika Paradise Villa Jogja, Akomodasi di Tepi Pantai Indah Gunungkidul

Ethes Coworking - Coliving & Lounge, Hotel Unik dan Murah di Jogja

FALLBACK
The END