Menengok Es Mendunia di Jogja yang Viral di Sosial Media

Es mendunia di Jogja ini memang sangat terkenal. Rasanya lezat dan sehat dikonsumsi sehari-hari. Penasaran? Baca ulasannya di sini.

Ditulis Oleh Shyntia

Foto/@esmendunia

Jika Anda adalah penggemar es, maka kedai Es Mendunia di Jogja ini sudah tidak asing di telinga. Di sinilah es teler lezat nan sehat disajikan untuk para pelanggan.

Sang pemilik adalah Damar Bayu Kencana. Mahasiswa sebuah universitas di Yogyakarta ini awalnya hanya menjual es teler ketika bulan Ramadhan tiba. Namun ternyata banyak orang yang menyukai es buatannya hingga viral di sosial media.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Bakso Kekinian di Jogja yang Endes Banget

Rasa Es Mendunia yang tak boleh diragukan

es mendunia

Foto dari ig @esmendunia

Damar sang pemilik menuturkan bahwa es teler yang ia jual masih sangat otentik. Ia menggunakan bahan-bahan yang sehat untuk dikonsumsi dan tentu saja masih fresh.

Menu yang dijual beragam, mulai dari es teler klasik yang isinya buah kelapa, nangka, dan alpukat, maupun es teler yang telah dimodifikasi dengna buah-buahan lainnya seperti buah naga, hingga es pisang ijo, durian, dan almond.

Adapun tambahan es krim, susu dan gula racikannya sendiri yang biasanya di mix ke dalam racikan es teler miliknya.

es mendunia

Foto/@esmendunia

Bukan hanya es teler, di sini juga ada kuliner khas Yogyakarta, es kocok alpukat dan menu barunya es kocok mangga yang rasanya dijamin bikin ngiler.

Makna nama kedai ‘Es Mendunia’

Uniknya, nama kedai Mendunia yang digunakan sang pemilik ternyata memiliki makna mendalam.

“Kalau M itu ‘menggunakan es batu air matang’. E itu ‘es teler tanpa sirup’. Kemudian N itu ‘nangka, alpukat, kelapa muda’, itu komposisi utama es teler di sini. D itu ‘durian sebagai pelengkap rasa’, jadi Saya tidak menambahkan apapun kecuali durian atau es krim. Kemudian U ‘utamakan kualitas dan rasa’. Kemudian N ‘nomor satu soal persaingan harga’. Kemudian I ‘ini baru es teler’. Yang terakhir A itu ‘alpukat kocok di Jogja, Mendunia pelopornya’,” ujar Damar dilansir dari Brilio.

Baca juga: 9 Tempat Kuliner Jogja yang Pasti Membuat Ketagihan

Seporsi es teler di kedai ini dijual seharga Rp8.000 hingga Rp14.ooo. Murah meriah memang, tak heran jika kedai ini selalu ramai oleh para pengunjung.

Damar menuturkan dalam sehari ia bisa membuat sekitar 250 hingga 300 porsi es selama jam bukanya, yakni pukul 09.00 – 18.00 WIB.

Selain di Yogyakarta, kini kedai es mendunia sudah ada di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Magelang hingga Pekanbaru. Berikut ini alamat lengkapnya:

es mendunia

Foto dari ig @esmendunia

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang KULINER YOGYAKARTA, tulisan lain Shyntia

Kontes foto, video pendek, dan desain logo BTNGMb berhadiah total puluhan juta rupiah. Ikuti sekarang

Tag : , ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post