5 Rekomendasi Tempat Makan Bakso Kekinian di Jogja yang Endes Banget

bakso merapi yang ada di jogjakarta (Instagram/streetfoodstories)

Bakso kekinian dengan bentuk dan ragam rasa yang super unik rupanya makin digemari oleh pecinta kuliner khas Indonesia yang satu ini.

Baca Juga: Bakso Rusuk Setan, Bakso Nyeleneh yang Patut Dicoba Saat ke Bekasi

Di Yogyakarta, terdapat beberapa rumah makan yang menyuguhkan sajian bakso yang berbeda dengan bakso pada umumnya.

Penasaran seperti apa dan dimana saja Anda bisa menemui ragam bakso kekinian ini? Tengok ulasan singkatnya berikut ini.

1. Steak Bakso

bakso kekinian

steak bakso (Foto/Smartbisnis)

Dari namanya, sudah kentara bahwa bakso ini menyajikan sesuatu yang baru dari suguhan bakso yang biasa Anda temui.

Steak bakso ini tampak tampil  fancy  dengan siraman brown sauce atau saus lada hitam di atas hot plate. Selayaknya steak sapi atau ayam, steak bakso di Steak Nation juga dilengkapi dengan kentang goreng dan sayuran.

Anda bisa merasakan sensasi makan bakso ala ala western ini di Jalan Soragan No.45-100, Soragan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

2. Bakso Tumpeng

bakso kekinian

bakso tumpeng yang ada di jogjakarta (Instagram/gembulfoodie)

Selayaknya nama yang disematkan, bakso ini menyerupai tumpeng yang biasanya merupakan nasi kuning berbentuk kerucut.

Bakso ini menyerupai tumpeng dan hadir dalam berbagai ukuran. Ada ukuran S (Small) hingga ukuran XL (Extra Large) dengan harga yang dibanderol mencapai Rp 400 ribu.

Bakso Tumpeng Lesehan Mbanyumilli ini ada di Jalan Imogiri Timur No.10, Imogiri, Wukirsari, Bantul. Selain varian bakso original, bakso tumpeng ini bisa juga disajikan sebagai topping  menu lainnya, seperti mie goreng.

3. Bakso Mangkuk

bakso kekinian

bakso mangkuk yang ada di jogjakarta (Instagram/mieyagobabe)

Bakso kekinian selanjutnya dapat ANda temui di kawasan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Yogyakarta, tepatnya di Warunng Mieyago Babe.

Warung ini memiliki menu andalan bakso yang berbentuk serupa mangkuk dengan berbagai pilihan varian yang ada. Tak heran bila warung ini tak pernah sepi pengunjung.

4. Bakso Merapi

bakso kekinian

bakso merapi yang ada di jogjakarta (Instagram/streetfoodstories)

Diolah menyerupai Gunung Merapi, bakso kekinian ini seketika jadi buruan para pecinta kuliner bakso nusantara. Tak hanya berbentuk kubah lainya gunung, bakso ini juga dilengkapi dengan saus sambal di atasnya, sehingga tampak seperti tumpahan lahar.

Dibanderol dengan harga Rp70 ribu per porsi, bakso kekinian ini bisa Anda temui di Laba-laba Bakso & Kitchen, Jalan Raya Tajem, Yogyakarta.

5. Bakso Degan

bakso kekinian

bakso degan yang ada di jogjakarta (Instagram/kulineran_yk)

Pasangan bakso dengan es kelapa muda (degan) memang paling serasi kalau dinikmati berdampingan. Tapi di Bakso Ikan Degan yang berlokasi di Jalan Sugeng Jeroni 62 Bugisan, Yogyakarta, keduanya justru digabung jadi satu.

Alhasil, jadilah ragam bakso degan ini kuliner kekinian yang unik dan patut untuk dijajal. Penyajian bakso ini dapat dilakukan dengan dua cara.

Baca Juga: Bukannya Lapar Pengen Makan, Wujud Bakso Kelabang Ini Malah Bikin Ngilu

Pertama, bakso ikan disajikan dalam batok kelapa dengan kuah dan daging kelapa. Kedua, bakso ikan disajikan dalam kelapa utuh, sehingga bisa langsung mengambil daging kelapanya dengan sendok.

Anda dapat mencicipi bakso unik ini dengan mengeluarkan kocek yang termasuk terjangkau, yakni hanya Rp13 ribu hingga Rp16 ribu per porsi.

Dapatkan ulasan menarik tentang bakso dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar