Banchan, Kuliner Khas Korea Selatan yang Wajib Dicoba

Banchan, kuliner khas Korea Selatan (Instagram/@visitseoul_official)

Bagi anda yang sangat menggemari budaya Korea Selatan pasti sudah tidak asing lagi dengan banchan. Banchan merupakan lauk pauk yang beranekaragam yang disajikan dalam porsi kecil sebagai pendamping nasi. Banchan dalam tradisi masyarakat Korea Selatan telah dianggap sebagai suatu hal wajib yang harus tersaji dalam setiap acara formal. Semakin formal suatu acara maka banchan yang tersaji juga semakin beragam.

Biasanya dalam sekali kegiatan makan terdapat setidaknya tiga jenis banchan yang tersaji dalam satu meja. Banchan dibuat dalam jumlah banyak untuk kemudian disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es. Saking terkenalnya, bahkan banchan tersedia supermarket lokal Korea Selatan yang dijual dalam ukuran gram, kemasan plastik, atau kaleng.

Di Indonesia jenis banchan yang paling populer adalah kimchi. Tahukah kamu terdapat banyak jenis banchan lain selain kimchi, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Namul

(Instagram/@kazuki.0428)

Namul adalah jenis sayuran yang dimasak dengan cara ditumis menggunakan minyak wijen, garam dapur, bawang putih, daun bawang, bubuk bawang, atau kecap asin. Jenis sayuran yang dipakai untuk membuat namul biasanya adalah kecambah, rumput laut, bayam, lobak, pucuk pakis, dan wortel.

2. Jorim

(instagram/@the_naughty_baechu)

Jorim merupakan sebutan untuk makanan yang dimasak bersama dengan saus. Beberapa jenis jorim di Korea Selatan yaitu dubu-jorim yang terbuat dari tahu dan jang-jorim yang terbuat dari hati atau daging sapi. Selain

3. Jeon

(pergikuliner.com)

Jeon adalah sebutan untuk makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Jeon yang paling terkenal yaitu buchimgae yang terbuat dari adonan tepung terigu dan sayuran yang digoreng tipis seperti pancake. Selain itu ada juga pajeon dari daun bawang yang digoreng tanpa tepung, kimchijeon dari kimchi, gamjajeon dari kentang, saengseon jeon dari potongan ikan yang dicampur telur, dan donggeurang ttaeng dari campuran tahu, daging, serta sayuran yang dibentuk menyerupai perkedel.

4. Oi Sobagi

(Instagram/@elaines.kitchen)

Oi sobagi adalah sebutan lain untuk kimchi timun. Timun yang digunakan untuk oi sobagi diiris dengan cara memanjang. Cara pembuatan dan bumbu oi sobagi hampir sama dengan pembuatan kimchi pada umumnya. Oi sobagi memiliki tekstur yang renyah dengan rasa asam yang segar.

5. Jjim

(instagram/@lovelimi_22)

Jjim merupakan istilah untuk makanan yang dibuat dengan cara dikukus. Jjim yang umum dihidangkan sebgaai banchan adalah gyean jjim yang terbuat dari telur dan saenseon jjim yang terbuat dari ikan. Proses pengukusan bisanya menggunakan hot pot dengan panas yang sesuai.

Dapatkan ulasan menarik tentang korea selatan dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar