7 Kuliner Khas Ramadhan di Jalur Mudik Cirebon-Brebes yang Wajib Dicicipi

Nasi Jamblang Ibu Nur yang terletak di Jalur Mudik Kabupaten Cirebon (Instagram/@sibungbung).

Mudik bagi masyarakat Indonesia seolah menjadi tradisi wajib setiap tahunnya menjelang Hari Raya Idul Fitri. Saat mudik berlangsung masyarakat yang berada di tanah perantauan akan berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halaman masing-masing.

Bagi masyarakat yang menggunakan jalur darat saat mudik melewati Jalur Pantura Cirebon-Tegal-Brebes direkomendasikan untuk beristirahat sekaligus mencicipi kuliner-kuliner khas Ramadhan berikut ini.

1. Empal Gentong, Cirebon

Empal gentong merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang hampir mirip dengan gulai, dimasak dengan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang digunakan dalam Empal Gentong berupa usus, babat, dan daging sapi. Saat berada di jalur mudik Cirebon warung empal gentong yang bisa dikunjungi adalah Kedai Empal Gentong Mang Darma yang berada di Jalan Slamet Riyadi No.1 Cirebon.

2. Nasi Jamblang, Cirebon

Nasi jamblang merupakan kuliner yang sudah ada sejak zaman Belanda yang kini populer sebagai kuliner khas Cirebon. Nasi jamblang disajikan dalam prasmanan dengan berbagai macam lauk. Ciri khas nasi jamblang adalah penggunaan daun jati sebagai pembungkusnya, Nasi jamblang terenak yang berada di jalur mudik Cirebon salah satunya yaitu Kedai Nasi Jamblang Ibu Nur yang berlokasi di Jalan Cengkaring No.45.

3. Sate Blengong, Brebes

Blengong merupakan hewan persilangan antara beber dan mentog. Stuktur dagingnya hampir mirip dengan daging bebek, namun lebih lunak dan lembut saat dikunyah. Sate Blengong banyak dijajakan di sepanjang jalur mudik Brebes. Penasaran dengan rasanya? Kamu bisa mencicipi sate blengong di Kedai Kupat Sate Blengong Kasturi Rajak yang berlokasi di Jalan K.H. Hasyim Asyari, Brebese.

4. Sate Kambing Muda, Brebes

Sate kambing muda memiliki cita rasa yang lebih nikmat dibandingkan sate kambing biasa. Sate kambing muda memiliki tekstur lebih lembut dan empuk karena yang digunakan adalah daging kambing muda. Salah satu sate kambing muda paling enak di Brebes adalah Sate Kambing Muda Pak Jahid yang berlokasi di Jalan H. Muchlas, Ketangguhan, Dukuhturi Dua, Brebes.

5. Kupat Glabed, Brebes

Kupat glabed merupakan kuliner dari Brebes yang berupa irisan ketupat yang disajikan dengan sayur pepaya muda bersantan. Dalam setiap sajiannya juga dilengkapi dengan irisan daging sapi. Jika tertarik untuk mencicipinya bisa mengunjungi Kedai Kupat Glabed Sate Blengong Ibu Inah yang terletak di Kauman, Brebes.

6. Sate Kambing Batibul, Tegal

Sate kambing batibul merupakan sajian sate kambing yang menggunakan daging kambing yang berusia dibawah tiga bulan. Dalam setiap porsi sate kambing batibul akan disajikan bersama bumbu rahasia yang diracik sendiri oleh sang pemilik warung. Sate kambing batibul yang enak di Tegal adalah Kedai Sate Kambing Batibul Bang Awi yang berlokasi di Jalan Raya LL Ujungrusi, Adiwerna, Tegal.

7. Soto Tauco, Tegal

Sauto Tauco merupakan kuliner dengan cita rasa yang khas karena menggabungkan kenikmatan soto dan tauco. Di Tegal, Soto Tauco bisa dijumpai di senpanjang jalur pantura Tegal. Soto Tauco paling terkenal adalah milik Kedai Soto Tauco Sedap Malam yang berlokasi di Jalan Raya Tang, No. 320, Tegal.

Dapatkan ulasan menarik tentang mudik dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar