Sidebar

Cara Refund Tiket Kereta Api di KAI Access, Mudah dan Uang Kembali!

Sejumlah pembelian tiket kereta api secara online maupun offline dapat direfund dengan cara refund tiket kereta api di KAI Access Android maupun IOS.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Seiring dengan kemajuan teknologi digital, PT Kereta Api Indonesia hadir dengan aplikasi KAI Access yang memungkinkan untuk melakukan proses transaksi secara online, tidak perlu lagi hadir di stasiun. Di tengah wacana pelarangan mudik oleh pemerintah karena pandemi virus corona (Covid-19), aplikasi KAI Access sangat bermanfaat karena memudahkan proses refund bagi calon penumpang yang terlanjur membeli tiket mudik jauh-jauh hari sebelumnya.

Melalui akun Instagram resmi di @kai121_, sejumlah pembelian tiket kereta api dapat direfund atau dibatalkan menggunakan aplikasi KAI Access di Android maupun IOS. Berikut ini tata caranya.

  1. Pilih Menu My Trips – Pada menu ini pilih kode booking untuk tiket yang akan dibatalkan. Tiket yang dibeli dari channel eksternal (Traveloka, Tokopedia, Indomart, Alfamart, dan lainnya) juga bisa dibatalkan melalui KAI Access. Syaratnya, satu diantara nomor identitas harus sesuai dengan nomor identitas pada akun KAI Access.
  2. Pembatalan – Pada menu E-Ticket, klik “Pembatalan”. Tombol ini hanya dapat dipilih jika kode booking berstatus LUNAS/PAID, maksimal 24 jam sebelum keberangkatan.
  3. Pilih Nama Penumpang – Pilih siapa nama penumpang yang akan melakukan pembatalan.
  4. Lanjutkan – Baca secara teliti bagian syarat dan ketentuan. Kemudian centang untuk setuju. Lanjutkan proses pembatalan.
  5. Masukkan Akun Bank – Masukkan akun bank anda dengan benar untuk pengembalian bea (refund), selanjutnya teruskan proses pembatalan.
  6. Konfirmasi – Pada halaman ini cek kembali, pastikan pembatalan tiket sesuai dengan yang diharapkan sebelumnya.
  7. Yakin? – Klik tombol “konfirmasi dan lanjutkan” pada halaman konfirmasi pembatalan. Kemudian pastikan anda benar-benar yakin melakukan pembatalan tiket.
  8. Berhasil – Proses pembatalan telah berhasil.

Perlu diketahui bahwa proses pembatalan tiket akan dikenakan biaya administrasi sebesar 25 persen dari harga tiket, di luar bea pesan yang dibatalkan dengan pembulatan ke atas kelipatan Rp 1.000. Pengembalian bea dilakukan setelah hari ke-30 hingga hari ke-45 melalui transfer bank ke satu penumpang dalam kode booking tersebut.

Pembatalan tiket yang dibeli melalui promo Travel Fair tidak dapat dilakukan. Proses pembatalan juga masih dapat dilakukan dengan datang langsung ke stasiun. Jika mengalami kebingungan, informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center di 021-121 atau email cs@kai.id.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Syarat Wajib Naik Kereta Api Jarak Jauh di Masa New Normal

Tidak Bisa Daftar Akun di KAI Access? Begini Solusinya

Sejarah Mudik Lebaran, Ternyata Pernah Dilarang Juga Pada Tahun 1946

Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, Quality Time dalam Keterbatasan

Cara Menghapus Akun KAI Access, Solusi Atas Permasalahanmu

Cara Membeli Tiket Kereta Api Go Show Melalui Aplikasi KAI Access

FALLBACK
The END