Cara Refund Tiket Kereta Api, Tidak Perlu Datang ke Stasiun!

Cara refund tiket kereta api, tidak perlu datang lansung ke stasiun! (jateng.tribunews.com).

Kereta api masih menjadi moda transportasi darat yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. PT Kereta Api Indonesia selaku pengelola resmi terus berupaya melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan kepada setiap pengguna. Salah satu bentuk inovasi adalah hadirnya aplikasi KAI Access yang memungkinkan pengguna memperoleh pelayanan tanpa harus datang langsung ke stasiun.

Aktivitas seperti pemesanan tiket kereta api, kereta bandara, makanan di kereta, bahkan pembatalan transaksi dapat dilakukan secara online tanpa perlu datang langsung ke stasiun. Tak banyak yang tahu ternyata aplikasi KAI Access dapat melayani refund tiket kereta api, berikut adalah caranya.

  1. Masuk menu My Trips – Pilih kode booking tiket kereta api yang akan dibatalkan. Tiket yang dibeli dari channel eksternal seperti Traveloka, Tokopedia, Alfamart, Indomart, dan lainnya juga dapat dibatalkan di KAI Access asalkan nomor identitas di tiket sesuai dengan nomor identitas yang terdaftar di akun KAI Access.
  2. Pembatalan – Pada menu e-ticket klik tombol pembatalan. Pembatalan hanya dapat dilakukan untuk tiket yang berstatus lunas atau paid, maksimal 24 jam sebelum keberangkatan.
  3. Pilih Nama Penumpang – Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket kereta api.
  4. Lanjutkan – Baca syarat dan ketentuan, lalu centang jika setuju. Proses pembatalan akan terus berlanjut.
  5. Masukkan Akun Bank – Masukkan akun bank dengan benar untuk pengembalian bea (refund).
  6. Konfirmasi – Pastikan tiket yang dibatalkan sesuai dengan yang dipilih pada tahap sebelumnya. Klik tombol konfirmasi dan lanjutkan. Pembatalan tiket berhasil.

Pembatalan atau refund transaksi tiket kereta api akan dikenakan biasa administrasi sebesar 25% dari harha pembelian. Proses pengembalian hanya dalapat dilakukan melalui transfer bank. Pembatalan dengan mendatangi customer service di stasiun masih dapat dilakukan dengan menyertakan identitas KTP atau SIM dan mengisi formulir. Nantinya uang akan dikembalikan secara cash dapat diambil di stasiun yang menyediakan layanan refund, karena tidak semua stasiun ada.

Dapatkan ulasan menarik tentang kereta api dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....