Cara Mempertahankan Bisnis Tour Travel Modal Kecil Agar Tetap Eksis

Cara agar bisnis tour travel modal kecil tetap bertahan ditengah ketatnya persaingan pasar (Flickr/@maljoe).

Menjalankan sebuah bisnis tour travel bukanlah perkara mudah, dibutuhkan usaha ekstra untuk tetap mempertahankannya. Terlebih kondisi ekonomi dunia yang kian tidak stabil akibat perseteruan antara Tiongkok dan Amerika Serikat yang tidak berkesudahan. Hal ini tentu saja mengancam kelangsungan bisnis tour travel, terutama yang berawal dari modal kecil.

Berikut disajikan tips agar bisnis tour travel dengan modal bisa tetap eksis dan terus berkembang.

1. Rencanakan untuk Kondisi Terburuk

Bukan pesimis, sangat wajar jika bisnis yang anda jalankan suatu saat berada di titik terendah bahkan tidak ada pemasukan sama sekali. Pertumbuhan bisnis cenderung lesu bahkan tidak ada pergerakan. Sulit memang untuk tetap bertahan dan menjaga eksistensi bisnis di masa-masa itu. Oleh karena untuk mencegahnya pelaku bisnis dituntut untuk mampu merencanakan saat masa-masa itu terjadi.

Ketika bisnis yang anda rintis ada pada titik tertinggi buatlah perencanaan keuangan yang matang agar bisnis tetap bisa bertahan meskipun tidak memiliki pendapatan, karena kita tidak tahu kapan pesaing bisnis yang lebih baik muncul atau kapan konsumen mulai jenuh.

2. Melipatgandakan Sumber Pendapatan untuk Resiko yang Berbeda

Melipatgandakan sumber pendapatan dapat dilakukan dengan memulai lini bisnis yang berbeda. Misalnya saat produk paket wisata yang anda tawarkan mulai sepi peminat, anda bisa mencoba membuka paket umroh atau haji dengan target pasar yang berbeda. Memulai bisnis lain memiliki resiko yang berbeda, dana yang digunakan bisa berasal dari pendapatan periode sebelumnya.

3. Bekerja Dimana Saja dengan Teknologi

Pada era yang seba canggih seperti sekarang ini mengelola sebuah bisnis dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tak sedikit bisnis yang sukses berasal dari desa kecil yang jauh dari perkotaan atau sebuh pulau kecil di tengah lautan. Berpikirlah terbuka dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mempermudah mengelola bisnis.

4. Membangun Koneksi Lokal

Sebuah bisnis tidak akan bisa tumbuh besar dengan sendiri, dibutuhkan koneksi yang luas serta kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Saat ini baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah sudah mulai peduli dengan nasib bisnis kecil, dibuktikan dengan seringnya diadakan pameran UMKM. Manfaatkan ajang tersebut untuk menjalin koneksi dengan rekan bisnis lainnya. Buatlah brosur kecil yang berisi deskripsi bisnis anda serta kartu nama.

5. Inovasi dan Kreativitas

Kreatif bisa dibilang sebagai naluri alami seorang pengusaha yang tumbuh dari modal kecil. Gunakan inovasi dan kretaivitas yang anda miliki unutuk menarik perhatian konsumen. Sejatinya selalu ada kekurangan pada setiap produk, yang harus dilakukan hanya memperbaikinya melalui inovasi-inovasi baru yang lebih baik.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar