Sidebar

5 Manfaat Teknologi dalam Bisnis Tour Travel yang Wajib Diketahui

Perubahan perilaku konsumen ini menuntut para pelaku bisnis tour travel turut melakukan upgrade pada sistem bisnisnya mengikuti perkembangan zaman saat ini.

SHARE :

Ditulis Oleh: Tim Phinemo

Seiring dengan perkembangan teknologi turut menggeser gaya hidup sebagian masyarakat dunia. Dalam hal ekonomi, perilaku konsumen juga sedikit banyak mengalami perubahan. Aktivitas seperti belanja, membeli tiket, bahkan reservasi hotel kini dapat dilakukan secara online cukup dari smartphone.

Perubahan perilaku konsumen ini menuntut para pelaku bisnis tour travel turut melakukan upgrade pada sistem bisnisnya mengikuti perkembangan zaman saat ini. Penolakan akan membuat bisnia menjadi sulit berkembang dan terancam bangkrut. Upgrade teknologi bisnis tour travel memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Produktivitas Meningkat

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini produktivitas bisnis dapat ditingkatkan secara signifikan. Misalnya dalam hal absensi, waktu untuk absensi dapat dipangkas dengan mengganti absensi konvensional dengan absensi berbasis fingerprint atau aplikasi Android/IOS.

2. Memperluas Pemasaran

Berbagai produk bisnis tour travel bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan perkembangan media sosial seperti facebook dan instagram. Kini tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk mencetak poster, menyewa baliho, atau iklan TV karena mempromosikan produk dengan media sosial terbukti lebih efektif dan murah.

3. Meningkatkan Layanan

Melalui berbagai situs web atau media sosial, seorang pelaku bisnis dapat mengetahui review konsumen terkait apa saja yang membuat mereka merasa puas. Hal ini dapat digunakan sebagai dasar evaluasi untuk meningkatkan layanan kepada konsumen. Jika konsumen puas pada apa yang diberikan, mereka cenderung akan lebih setia dan citra bisnis akan naik.

4. Komunikasi Lebih Efektif

Sebagai sebuah bisnis yang menjual jasa, bisnis tour travel harus mengutamkan komunikasi dengan konsumen. Berkembangnya teknologi media sosial seperti Whatsapp, Instagram, dan facebook harusnya akan lebih mempermudah komunikasi tersebut. Jika komunikasi antara pelaku konsumen dan pelaku bisnis berjalan dengan baik maka proses bisnis akan berjalan dengan lancar.

5. Melindungi Data Vital

Era digital seperti sekarang ini banyak hacker/peretas yang berusaha mencuri data-data penting perusahaan untuk kemudian dijual kepada rival bisnis. Jika bisnis tidak dilengkapi dengan sistem teknologi yang canggih dapat mengancam kerahasiaan bisnis. Teknologi dapat menjadi tempat berlindung untuk mencegah hal semacam ini terjadi.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

4 Kriteria Pariwisata Berkelanjutan yang Harus Diterapkan Tour Operator

3 Pembelajaran dari Kegagalan First Travel dalam Mengelola Bisnis Tour Travel

5 Tren Produk Wisata yang Diprediksi Naik Berdasarkan Data Pencarian Google 2019

3 Target Pasar Potensial Open Trip, Tour Agent Harus Tahu!

Maksimalkan Link Bio Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

6 Jenis Wistawan yang Harus Diketahui oleh Tour Operator

FALLBACK
The END