Sidebar

Cano Cristales River di Colombia Menjadi Sungai Tercantik di Dunia

Cano Cristales River merupakan nama sebuah sungai yang berada di negara Colombia. Banyak yang menyebutnya sebagai sungai yang tercantik di dunia.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Cano Cristales merupakan nama sebuah sungai yang berada di negara Colombia, tepatnya di Serrania de la Macarena, Provinsi Meta. Banyak media menyebut Cano Cristales River sebagai sungai yang tercantik di dunia. Tidak mengherankan, sungai ini memang memiliki air yang berwarna-warni layaknya pelangi yang dicairkan. Masyarakat setempat menjuluki sungai Cano Cristales dengan “Sungai Lima Warna”.

Masuk dalam kawasan lindung Taman Nasional Serrania de la Macarena, Sungai Cano Cristales memiliki panjang mencapai 100 km dan lebar 20 m. Warna-warni yang berpendar di sungai ini berasal dari spesies algae dari spesies Podostemaceae atau Macarenia clavigera. Kedua mikroorganisme inilah yang membuat air jernih Sungai Cano Cristales memancarkan warna-warni merah, kuning, hijau, dan jingga.

(Instagram/officialugarespelomundo)

Pergerakan arus air juga memiliki andil besar dalam mengatur warna di sungai ini. Air sungai mengatur banyak-sedikitnya cahaya matahari yang masuk dan diserap oleh Macarena clavigera. Saat musim hujan, algae ini akan mendapatkan cukup sinar matahari karena air melimpah dan arus yang deras. Sedangkan ketika musim kemarau, sinar matahari akan lebih banyak, tapi debit air sungai tidak cukup untuk mengairi algae.

Sungguh indah bukan? Namun sayang, kecantikan itu tidak bisa dinikmati sepanjang tahun. Warna-warni indah Sungai Cano Cristales di Colombia hanya muncul saat bulan Mei hingga Desember, saat peralihan musim hujan ke musim kemarau. Warna-warni sungai akan tampak semakin jelas mulai Juni sampai November. Di luar waktu itu, sungai ini hanya akan tampak biasa saja dengan perairan jernih seperti sungai pada umumnya.

(Instagram/colombiatravellers)

Sudah memasuki bulan Juni, itu berarti saat ini Sungai Cano Cristales sedang memancarkan warna-warni indahnya. Tertarik untuk berkunjung? Pengunjung diijinkan untuk berenang di air yang berwarna-warni sungai ini dengan beberapa peraturan. Dilarang menggunakan tabir surya atau bahan kimia lain, karena dikhawatirkan akan mencemari lingkungan dan membunuh berbagai spesies di sungai ini, termasuk Macarena clavigera.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Maulid Nabi Dirayakan di Indonesia, Tapi Dilarang di Arab Saudi?

Wuhan Saat Ini, Pariwisata Resmi Dibuka Hingga Warga yang Pesta Pora

Lopburi, Kota Kuno di Thailand yang Dikuasai Geng Monyet Sadis

Perbedaan Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom, Sudah Tahu?

Taiwan Jadi Destinasi Paling Dicari 2020, Indonesia Malah Dihindari

Kerajaan Thailand di Ujung Tanduk, Rakyat Ngamuk Inginkan Reformasi!

FALLBACK
The END